Hubungan Supervisi Dengan Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i1.212Kata Kunci:
supervisi, kinerja, guruAbstrak
Kinerja guru merupakan salah satu faktor merupakan faktor penting yang menentukan kualitas suatu pendidikan. Dari penelitian ini awal ditemukan bahwa kinerja guru SMP Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok berjalan semestinya. Kondisi ini diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penelitian ini bertujuan membahas Hubungan Supervisi dengan Kinerja Guru. Jenis penelitian ini adalah bersifat korelasional (correlational research). menyatakan bahwa penelitian korelasional yaitu suatu penelitian yang dirancang untuk mengetahui hubungan variabel-variabel yang berbeda dalam suatu populasi yang bertujuan untuk mengetahui seberapa erat atau kuat hubungan antara variabel tersebut. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu supervisi kepala sekolah sebagai variabel bebas dan kinerja guru sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri Kecamatan Lembah Gumanti Kabupaten Solok yang berjumlah sebanyak 148 orang . dari hasil analisis data Kinerja Guru dapat di kategori cukup baik (78,22%) dari skor ideal dan hasil analisis data Supervisi Kepala Sekolah pada kategori baik, dengan persentase (80,08%) dari skor ideal.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Versi
- 2022-07-04 (2)
- 2022-06-30 (1)
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Trisna Ridho

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.