Integrasi Augmented Reality dan Artificial Intelligence untuk Visualisasi Produk sebagai Strategi Inovatif

Penulis

  • Yuniana Cahyaningrum Institut Seni Indonesia Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v5i1.1004

Kata Kunci:

augmented reality, artificial intelligence, integrasi, visualisasi produk, pemasaran digital

Abstrak

Pada era transformasi digital saat ini, integrasi teknologi canggih seperti Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI) telah menjadi strategi inovatif yang mampu meningkatkan daya saing bisnis, khususnya dalam visualisasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi potensi integrasi AR dan AI dalam menciptakan pengalaman interaktif yang mempermudah konsumen memahami fitur, fungsi, dan nilai tambah suatu produk. Dengan memanfaatkan teknologi AR, pengguna dapat melihat representasi virtual produk secara real-time di lingkungan nyata mereka, sementara AI berperan dalam mempersonalisasi rekomendasi, menganalisis preferensi pengguna, serta meningkatkan interaksi melalui smart chatbot atau sistem pendukung keputusan. Hasil kajian menunjukkan bahwa kolaborasi AR dan AI tidak hanya memperkaya pengalaman pengguna (user experience), tetapi juga membuka peluang baru dalam pemasaran digital, desain produk, serta strategi penjualan yang lebih adaptif dan responsif terhadap kebutuhan pasar. Dengan demikian, integrasi kedua teknologi ini dapat menjadi salah satu kunci utama dalam menghadapi tantangan inovasi dan membangun keunggulan kompetitif di era industri 4.0.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Yuniana Cahyaningrum, Institut Seni Indonesia Surakarta

I am a highly motivated Information Systems researcher with a strong interest in Fuzzy Logic, Expert Systems, Information Systems, Arts, and Technology. My research endeavors explore experimental techniques, computational modeling, interdisciplinary collaboration. I am driven to contribute to the development of technology in areas such as arts, education, and more, improving our understanding of complex systems in those areas, creating sustainable research. I am eager to connect with other research.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-06-27

Cara Mengutip

Cahyaningrum, Y. (2025). Integrasi Augmented Reality dan Artificial Intelligence untuk Visualisasi Produk sebagai Strategi Inovatif. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 5(1), 200–204. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v5i1.1004