Penjualan Sparepart Sepeda Motor Berbasis Web Menggunakan Model Customer Relatioship Management (CRM)

Penulis

  • Yukel Vinros Diandra Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Wifra Safitri Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang
  • Firdaus Universitas Putra Indonesia “YPTK” Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v3i1.617

Kata Kunci:

CRM, Web, Management, Customer, penjualan suku cadang

Abstrak

CRM merupakan strategi pemasaran yang mempunyai tujuan menciptakan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan, serta mengurangi kemungkinan pelanggan beralih ke pesaing lain.  Penelitian ini bertujuan membuat sistem penjualan dengan menerapkan metode CRM pada bengkel Kevin Motor. Hasilnya adalah aplikasi sistem penjualan dengan memakai metode CRM yang dapat mengelola data pelanggan, penjualan produk, pemberian diskon sebagai promosi produk dan pengelolaan data layanan kepada pelanggan untuk bisa menyimpan pertanyaan atau keluhan pelanggan agar bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Dengan pendekatan ini dicapai hasil berupa terciptanya aplikasi penjualan yang memanajemen hubungan pelanggan dan mengoptimalkan layanan pelanggan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-06-28

Cara Mengutip

Diandra, Y. V., Safitri, W., & Firdaus, F. (2023). Penjualan Sparepart Sepeda Motor Berbasis Web Menggunakan Model Customer Relatioship Management (CRM). Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 3(1), 42–45. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v3i1.617