Pengaruh Mode Pembelajaran Inquiry Pada Pokok Bahasa Memahami Jaringan Local (Lan) Terhadap Hasil Belajar Kognitif

Penulis

  • Ratna Kafifah Ramadani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Heri Mulyono Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Regina Ade Darman Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v2i2.253

Kata Kunci:

model pembelajaran inquiry, hasil belajar, pelajaran komputer , jaringan dasar

Abstrak

Banyak mata pelajaran yang diajarkan di sekolah menengah kejuruan. Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di kelas X adalah komputer dan jaringan dasar. Komputer dan jaringan dasar ini dimaksudkan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk kemudian mengembangkan sistem jaringan komputer yang efisien dan  hemat biaya. Masalah yang ditemukan selama pengamatan mereka adalah kurangnya minat siswa pada kursus komputer dan jaringan dasar. Tujuannya adalah untuk menguji bagaimana penggunaan model pembelajaran berbasis berdampak pada topik pemahaman jaringan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode yang digunakan adalah eksperimen semu Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis query berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X RPL pada mata pelajaran dasar komputer dan jaringan. Dilihat dari hasil uji hipotesis untuk kelompok eksperimen dan kontrol yang memiliki nilai  (11,93 > 1,92), hal ini menunjukkan bahwa  diterima dan  ditolak.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-29

Cara Mengutip

Ramadani, R. K. ., Mulyono, H. ., & Darman, R. A. . (2022). Pengaruh Mode Pembelajaran Inquiry Pada Pokok Bahasa Memahami Jaringan Local (Lan) Terhadap Hasil Belajar Kognitif . Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 2(2), 54–57. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v2i2.253