Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Taman Rekreasi Cimelati Kab. Sukabumi
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaaktiva.v3i2.625Kata Kunci:
Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Konsumen, Produk, MerekAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Taman Rekreasi Cimelati Kabupaten Sukabumi baik secara simultan maupun parsial. Populasi dan sampel berjumlah 100 responden pengunjung. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan valid dan reliabel. Hasil analisis korelasi berganda menyatakan bahwa terdapat hubungan sangat kualitas pelayanan yang meliputi kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati dan daya tanggap terhadap kepuasan konsumen. Pada hasil dari koefisien determinasi dapat dijelaskan sebesar 71,7% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sedangkan 28,3% dipengaruhi oleh variabel lain yaitu pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan penyalur, jumlah pembelian, penentuan waktu kunjungan. Hasil penelitian bahwa secara simultan dan parsial variabel kualitas pelayanan meliputi kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati dan daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen taman rekreasi cimelati kabupaten sukabumi.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Samsuri, Titiek Tjahja Andari, Galvania Irwasnayah Putri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.