Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Taman Rekreasi Cimelati Kab. Sukabumi

Penulis

  • Samsuri Univeritas Djuanda
  • Titiek Tjahja Andari Universitas Djuanda
  • Galvania Irwasnayah Putri Universitas Djuanda

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaaktiva.v3i2.625

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Kepuasan, Konsumen, Produk, Merek

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Taman Rekreasi Cimelati Kabupaten Sukabumi baik secara simultan maupun parsial. Populasi dan sampel berjumlah 100 responden pengunjung. Hasil uji validitas dan reliabilitas menunjukkan bahwa seluruh butir pertanyaan valid dan reliabel. Hasil analisis korelasi berganda menyatakan bahwa terdapat hubungan sangat kualitas pelayanan yang meliputi kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati dan daya tanggap terhadap kepuasan konsumen. Pada hasil dari koefisien determinasi dapat dijelaskan sebesar 71,7% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sedangkan 28,3% dipengaruhi oleh variabel lain yaitu pemilihan produk, pemilihan merek, pemilihan penyalur, jumlah pembelian, penentuan waktu kunjungan. Hasil penelitian bahwa secara simultan dan parsial variabel kualitas pelayanan meliputi kehandalan, jaminan, bukti fisik, empati dan daya tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen taman rekreasi cimelati kabupaten sukabumi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-05

Cara Mengutip

Samsuri, S., Andari, T. T., & Irwasnayah Putri, G. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Taman Rekreasi Cimelati Kab. Sukabumi . Jurnal Pustaka Aktiva (Pusat Akses Kajian Akuntansi, Manajemen, Investasi, Dan Valuta), 3(2), 53–59. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaaktiva.v3i2.625