
Judul: Strategi Belajar Mengajar
Penulis : Lelfita, S.Pd., M.Pd & Dr. Ena Suma Indrawati, S.Pd.I,. M.Pd
Editor: Ikhsan
Ukuran/Hal: 15 x 23 cm/232 Hal
ISBN: Menunggu Perpusnas
Buku Strategi Belajar Mengajar ini membahas secara
komprehensif konsep, prinsip, dan praktik pengajaran yang
efektif di abad ke-21. Diawali dengan pergeseran paradigma
dari pendekatan teacher-centered menjadi student-
centered, buku ini menekankan pentingnya guru sebagai
fasilitator yang mampu menciptakan lingkungan belajar
interaktif, partisipatif, dan kontekstual. Materi meliputi
pengertian, klasifikasi, dan implementasi strategi belajar
mengajar; hakikat, ciri, dan komponen pembelajaran; dasar-
dasar mengajar; pemilihan metode; serta berbagai
pendekatan seperti individual, kelompok, emosional, hingga
keagamaan. Buku ini juga membahas pengelolaan kelas,
keterampilan membuka-menutup pelajaran, bertanya,
memberi penguatan, variasi mengajar, dan mengaktifkan
belajar siswa, lengkap dengan prinsip-prinsip, contoh, dan
langkah implementasinya.
Selain teori, buku ini menguraikan keterampilan teknis guru
dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi
pembelajaran, termasuk strategi pengelolaan waktu,
penggunaan media, penataan ruang kelas, dan
pengelompokan siswa. Disajikan pula model pembelajaran
seperti enquiry-discovery, expository, mastery learning, dan
humanistic education, disertai kelebihan, kelemahan, serta
teknik penerapannya. Dengan sasaran pembaca meliputi
guru, dosen, calon pendidik, kepala sekolah, hingga
pengembang kurikulum.