ANALISIS RANCANGAN PROMOSI KAIN TENUN TROSO SEBAGAI WARISAN BUDAYA JEPARA (Studi Kasus: Sentra Lestari Indah Putera)
Keywords:
Desain Komunikasi Visual, Motif, Tenun Ikat, TrosoAbstract
Jepara yang terletak di Jawa Tengah biasanya dikenal dengan industri ukiran kayu mulai hiasan sampai ke peralatan rumah dan kain tenun yang dikenal yaitu Tenun Ikat Troso. Sentra Tenun Ikat Troso merupakan industri kain tenun yang bertempat di Desa Troso, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara.Pengembangan industri Tenun ikat Troso dengan penerapan prinsip Desain Komunikasi Visual merupakan cara untuk menumbuhkembangkan industri rumahan para perajin di Desa Troso, Jepara, lewat karya seni yang mereka menjadikan satu nilai budaya lokal yang patut dikembangkan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa yang terjadi pada fenomena jaman sekarang motif tenun Cemara dan Lompong sudah jarang dibuat oleh perajin, yang dikarenakan tidak adanya permintaan pasar.Hal tersebut terjadi karena para perajin lebih mementingkan aspek dagang daripada budaya.Pada awal munculnya motif kain Tenun Ikat Troso pertama kali adalah motif Cemara dan Lompong, namun belakangan para perajin dan pengusaha tenun membuat motif sesuai permintaan pesanan.sehingga tenun budaya khas Timor banyak ditemukan dan juga masih kurang promosi dari Tenun Ikat Troso.Berdasarkan uraian di atas maka penelitian ini perlu dilakukan agar perajin bangga untuk menjual kembali tenun motif khas Troso yaitu Cemara dan Lompong sehingga lokalitas kebudayaan Tenun Ikat Troso bangkit kembali.
Kata Kunci : Desain Komunikasi Visual, Motif, Tenun Ikat, Troso.