BRANDING ALFAFA SIRUP KAYU MANIS MINUMAN KHAS KERINCI

Authors

  • Widia Marta Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Robby Usman

Keywords:

Identitas Visual, Logo, Perancangan, Alfafa

Abstract

Usaha Alfafa merupakan salah satu industri produk sirup kayu manis di daerah Kabupaten Kerinci yang sudah berdiri sejak tahun 2005 serta sudah mendapatkan banyak piagam penghargaan sejak usaha Alfafa didirikan. Namun sejak awal berdiri, usaha Alfafa memang kurang memperhatikan identitas visual, brand, maupun strategi. Selama ini usaha Alfafa hanya memiliki logo yang dibuat ala kadarnya, serta elemen-elemen visual yang kurang sesuai dalam pengaplikasiannya. Metode yang digunakan dalam perancangan visual identity Alfafa ini dengan melakukan penggalian data yang berkaitan dengan usaha Alfafa yang didapat dari hasil observasi dan wawancara dengan pemilik usaha Alfafa. Hasil kegiatan tersebut dikaji kembali untuk mendapatkan analisa SWOT dari usaha Alfafa. Analisa tersebut digunakan dalam pembuatan identitas visual yang berupa logo atau identitas yang dapat mewakili karakteristik dari usaha Alfafa. Selain itu, dibuat pula media aplikasi untuk mendukung keperluan usaha Alfafa seperti media marketing, stationery set, dan merchandising.

Published

2022-11-20