Pelatihan Berjualan Online Melalui Instagram untuk Pemberdayaan UMKM Fashion di Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Penulis

  • Abdillah Baradja Universitas Surakarta
  • Tri Irianto Tjendrowasono Universitas Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakapaket.v2i1.696

Kata Kunci:

UMKM, Literasi Digital, Instagram, Kebijakan Media Sosial, Pemberdayaan

Abstrak

Penelitian ini fokus pada implementasi dan dampak dari pelatihan berjualan online melalui Instagram dalam konteks pemberdayaan UMKM di industri fashion di Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Melalui proses penelitian, terungkap bahwa peningkatan literasi digital dan pembentukan kebijakan media sosial yang efektif menjadi aspek kunci dalam mengembangkan bisnis UMKM di industri fashion. Pelatihan ini memfasilitasi peningkatan keterampilan dan pemahaman baru yang memungkinkan pelaku UMKM untuk meraih peluang dalam era digital, terutama dalam konteks pemasaran dan penjualan produk melalui Instagram. Penelitian ini memberikan bukti empiris tentang pentingnya literasi digital dan pembahasan lanjutan tentang keberlanjutan dan efektivitas implementasi literasi digital dalam konteks UMKM.

Referensi

Aaker, D.A., Kumar, V., Day, G.S. (2001). Marketing Research. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Anderson, M. (2019). Digital Sales and Social Media for Small Businesses. In Retail and Channel Marketing (pp. 235-258). Edward Elgar Publishing.

Bandari, R., & Moradi, M. (2013). A Study on role of Instagram in Marketing communication and Promotion. International Journal of Marketing & Business Communication, 2(4), 1-6.

Cooper, D. R., & Schindler, P. S. (2001). Business research methods. McGraw-Hill/Irwin.

Coyle, D., & Skinner, H. (2014). Interviews in Qualitative Market Research. In The Interview (pp. 23-33). Palgrave Macmillan, London.

Ebbena, J., & Johnson, A. (2006). Bootstrapping in small firms: An empirical analysis of change over time. Journal of Business Venturing, 21(6), 851-865.

Instagram Business. (2022). Getting Started on Instagram for Business. Retrieved September 8, 2022, from https://business.instagram.com/getting-started?locale=id_ID

Ministry of Cooperatives and Small and Medium Enterprises Indonesia. (2022). UMKM Statistics 2022. Retrieved September 8, 2022, from https://www.depkop.go.id/statistik-umkm

Rini, E.S., & Widodo, A. (2013). The Influence of Entrepreneurial Competencies on Business Performance of Small Medium Enterprises (SMEs): An Empirical Study at SMEs Dalam APEKSI Indonesian. International Journal of Business, Economics and Law, Vol. 3.

Sharma, A., & Shilpa, J. (2013). E-marketing, the new phrase of marketing: A literature review.

International Journal of Business and Management Invention, 2(1), 39-49.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-30

Cara Mengutip

Baradja, A., & Tjendrowasono, T. I. . (2023). Pelatihan Berjualan Online Melalui Instagram untuk Pemberdayaan UMKM Fashion di Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Jurnal Pustaka Paket, 2(1), 16–19. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakapaket.v2i1.696