Pelatihan Foto dan Video Editing dengan Smartphone untuk Ketrampilan Personal bagi Siswa Panti Asuhan Darul Ma'aruf
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i6.816Kata Kunci:
smartphone, training, photo and video editing, personal skills, orphanageAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus pada pelatihan keterampilan foto dan video editing menggunakan smartphone untuk siswa di Panti Asuhan Darul Ma'aruf. Program ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan akan keterampilan digital yang semakin relevan dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan personal siswa dalam mengedit foto dan video sebagai bekal kemandirian di era digital. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini meliputi pemaparan materi dasar fotografi dan editing, demonstrasi penggunaan aplikasi editing yang tersedia di smartphone, serta praktik langsung dengan bimbingan. Data dikumpulkan melalui observasi selama pelatihan dan evaluasi keterampilan awal serta akhir dari para peserta. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta terkait teknik pengambilan gambar dan penguasaan dasar editing foto dan video. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa pelatihan ini efektif dalam memberikan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa panti asuhan. Diharapkan keterampilan ini dapat membuka peluang baru bagi mereka, baik untuk dokumentasi personal maupun sebagai bekal keahlian untuk masa depan.
Unduhan
Referensi
E. Evrita dan D. Alibasah, “Konstruksi Emosi dan Narasi melalui Teknik Editing dalam Film ‘Ada Apa dengan Cinta?’: Analisis Visual dan Naratif dalam Konteks Sinema Modern Indonesia,” 2024.
D. N. Aryani dkk., “PENERAPAN VIDEO EDITING BERBASIS SMARTPHONE UNTUK MENGAKSELERASI PROMOSI PRODUK UNGGULAN KAMPOENG KAJOETANGAN HERITAGE,” 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://koinworks.com/blog/
I. E. Wahyuni, D. Surani, A. Hidayat, dan H. Artikel, “Pengembangan Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Capcut Pada Mata Pelajaran Informatika Di Kelas VIII,” vol. 4, no. 2, 2024, doi: 10.47709/digitech.v4i2.4452.
H. Aldiyanto, D. Handoko, A. Sabil, dan R. Devania, “Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ Website: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat DASAR EDITING CAPCUT UNTUK MEDIA SOSIAL BAGI SISWA MENENGAH PERTAMA (SMPIT AULADY),” Prosiding Seminar Nasional LPPM UMJ, Okt 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
F. W. Sekaringtyas, D. Djuniadi, dan A. F. Hastawan, “Pengaruh Aplikasi CapCut: Menyelami Kreativitas dengan Ragam Template Video yang Memukau pada Generasi Z,” Jan 2024. [Daring]. Tersedia pada: www.caraeditvideo.com
G. Aprilliana dan R. Efendi, “PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAMPANGTENGAH KABUPATEN SUKABUMI,” Nov 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unpak.ac.id/triangulasi
U. A. N. Janah, H. Amrullah, N. Laili, dan L. Fadilah, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT DALAM MATERI MENEMUKAN PESAN DARI DONGENG BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA,” Apr 2023.
L. M. Huizen, B. V. Christioko, dan T. Handayani, “PEMANFAATAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MEMBUAT VIDEO DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PROMOSI INOVATIF PRODUK UMKM,” 2023.
G. Aprilliana dan R. Efendi, “PENGGUNAAN APLIKASI CAPCUT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS IKLAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 4 JAMPANGTENGAH KABUPATEN SUKABUMI,” Nov 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unpak.ac.id/triangulasi
R. Mesra, W. Santa Monica, E. Ertami Anton, dan D. Kesuma Sari, “PELATIHAN CAPCUT VIDEO EDITING UNTUK MENINGKATKAN SKILL DAN DAYA SAING MAHASISWA PENDIDIKAN DI DUNIA KERJA,” Communnity Development Journal, vol. 5, no. 3, hlm. 5381–5391, 2024.
D. Ispratiwi dan Mellisa, “PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CAPCUT PADA MATA KULIAH KULTUR JARINGAN,” Mar 2023.
B. S. W. Poetro dan S. Mulyono, “Meningkatkan Kreativitas Remaja Desa Manggihan Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Melalui Pelatihan Content Creator Menggunakan CapCut,” 2024.
H. A. Setyadi, Sardiarinto, W. Nugroho, dan D. S. Perbawa, “Penggunaan Aplikasi CapCut Untuk Menghasilkan Konten Video Kreatif Bagi Para Santri,” 2024.
N. Novinaldi, I. Gunawan, D. A. Rahayu, D. E. Subroto, dan I. Ikhsan, “Workshop Routing dan Server bagi Guru-guru Anggota IGMP TIK/Informatika,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 2, hlm. 106–109, Mar 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i2.412.
H. Aldiyanto, D. Handoko, A. Sabil, dan R. Devania, “DASAR EDITING CAPCUT UNTUK MEDIA SOSIAL BAGI SISWA MENENGAH PERTAMA (SMPIT AULADY),” Okt 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.