Identifikasi Masalah dan Solusi UMKM JR COFFE

Penulis

  • Nezy Nurhidayah Universitas Putra Indonesi "YPTK" Padang
  • Nurul Arda Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Metrawati Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Muhammad Alvhito Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang
  • Vivi Nila Sari Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i4.741

Kata Kunci:

Identifikasi, Masalah, Solusi, Umkm Jr Coffe, Legalitas Bisnis

Abstrak

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu bentuk perekonomian produktif yang dijalankan oleh masyarakat kelas menengah ke bawah. Berbagai manfaat yang didapat dari sektor UMKM antara lain dalam meningkatkan perekonomian, mengentaskan kemiskinan, menyediakan lapangan kerja, dan puncaknya pada pembangunan fasilitas sosial. Namun nyatanya UMKM di Indonesia termasuk UMKM Jr Coffe Padang masih mengalami berbagai kendala dalam kegiatan pengembangannya, salah satunya adalah permasalahan legalitas usaha. Dalam hal ini, UMKM perlu melakukan adaptasi agar permasalahan yang dialami dapat teratasi. Salah satu yang membutuhkan rencana adaptasi tersebut adalah UMKM Jr Coffe yang berlokasi di Jl. Raya Lubuk Begalung nan XX, Kec. Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, 25145, depan Universitas Putra Indonesia YPTK Padang.  Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diawali dengan survei dan wawancara, pemetaan dan identifikasi permasalahan, perumusan solusi, dan pelaksanaan kegiatan pendampingan. Dampak dari kegiatan ini adalah perluasan pemasaran produk dan pengembangan usaha Pelaku UMKM Jr Coffe Padang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Febriandirza, A., Irwiensyah, F., Hasan, F. N., & Indriyanti, P. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dan Manajemen Kewirausahaan bagi Pelaku UMKM dengan menggunakan Aplikasi Google My Business. Jurnal Solma, 10(10), 224-231.

Hendarsono, G. (2013). Analisa pengaruh Experiential marketing terhadap minat beli ulang konsumen cafe buntos 99 Sidoarjo. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1–8.

M. Rizky Kurniadi Ramadhan, Satrio Agung Wicaksono, Mochamad Chandra Saputra (2023). Identification of MSME Problems and Solutions as a Step to Adapt from the Pandemic using Qualitative and Quantitative Methods (Case Study: MSMEs Ngijo Malang).

Prastiwi, I. L. R., Hariyoko, Y., & Ayodya, B. P. (2022). Pendampingan Pengurusan Perizinan Berusaha Dalam Rangka Pengembangan Umkm Desa Pekarungan. Prosiding Patriot Mengabdi, 1(01), 92-96.

Radiansyah, A., Baroroh, N., Fatmah, F., Hulu, D., Syamil, A., Siswanto, A., ... Nugroho, F. (2023). MANAJEMEN RISIKO PERUSAHAAN: Teori & Studi Kasus. PT. Sonpedia Publishing Indonesia

M. C. Robbins SP, Manajemen. Jakarta: Erlangga, 2010

. Hidayah, I., Ariefiantoro, T., & Nugroho, D. W. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Pudanis di Kaliwungu). SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang llmu Ekonomi, 78-81.

. Khrudin, A., Roellyanti, M. V., & Awan. (2022). Bauran Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama. Retrieved Juni 23, 2024

. Yulianti, F., Lamsah, & Pariyadi. (2019). Manajemen Pemasaran. Banjarmasin: CV BUDI UTAMA

. Putri, M. A., & Pratito, D. W. (2023, Oktober). Mengungkapkan Keberhasilan Bauran Pemasaran Pada Usaha Kuliner Toko Roti. JURNAL STIE SEMARANG, 15, 83-84. Retrieved Juni 2024

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-07-19

Cara Mengutip

Nurhidayah, N., Arda, N., Metrawati, M., Alvhito, M., & Sari, V. N. (2024). Identifikasi Masalah dan Solusi UMKM JR COFFE. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(4), 136–139. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i4.741