Pengembangan Media Pemasaran Dan Digitalisasi Pemasaran Di PT Nirwana Unggul Restu, Depok, Jawa Barat

Penulis

  • Muhammad Alde Rizal Politeknik APP Jakarta
  • Fajar Ciputra Daeng Bani Politeknik APP Jakarta
  • Trisna Yuniarti Politeknik APP Jakarta
  • Fidhani Faujiyah Politeknik APP Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i3.721

Kata Kunci:

UMKM, Media Digital, Media Promosi digital

Abstrak

UMKM sebagai penyumbang Produk Domestik Bruto (PDB) nasional memiliki peran penting dalam pemulihan ekonomi Pasca Pandemi Covid-19. Perkembangan dan juga peningkatan kemampuan UMKM agar dapat bersaing di pasaran perlu difasilitasi dan dibantu. PT Nirwana Unggul Restu tercatat sebagai UMKM yang baru didirikan dan masih belum memiliki media promosi yang memadai. Oleh karena kegiatan pengabdian Masyarakat ini berfokus pada implementasi pengembangan media pemasaran dan digitalisasi pemasaran di PT Nirwana Unggul Restu. Kegiatan ini dilakukan selama kurang lebih 4 bulan dari mulai bulan Agustus hingga November 2023 dengan jumlah anggota pelaksana tiga orang dosen dengan bidang program studi yang berbeda. Adapun beberapa teknologi yang dihasilkan melalui media digital, yaitu diantaranya logo usaha, label produk, mockup packaging produk, dan media promosi melalui Instagram bisnis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Y. R. Suci, “Perkembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia,” J. Ilm. Cano Econ., vol. 06, no. 1, pp. 1–31, 2017.

M. Rachmawati, A. Aziz, I. Fauzi, R. Purwanti, and P. Pandansari, “Kewirausahaan Di Era Globalisasi?: Dropshiper SMK Bhakti Nusantara Salatiga,” J. Pustaka Mitra, vol. 3, no. 1, pp. 60–63, 2023.

T. Yuniarti, F. Faujiyah, M. A. Rizal, and F. C. D. Bani, “Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202.

F. Faujiyah, T. Yuniarti, M. A. Rizal, and F. C. D. Bani, “Penerapan Media Digital Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bidang Kuliner di Area Jakarta Selatan,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 3, pp. 135–140, 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i3.507.

N. A. Novita, S. Oktianingrum, and V. F. Sanjaya, “Pengaruh Digitalisasi Pemasaran (Pemasaran Online) Terhadap Peningkatan Pendapatan Umkm Pada Perspektif Ekonomi Syariah Di Kota Bandar Lampung,” Al-Dzahab (Journal Econ. Manag. Business, Accounting), vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2022, doi: 10.32939/dhb.v3i1.1037.

J. Sulaksono, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Gener. J., vol. 4, no. 1, pp. 41–47, 2020, doi: 10.29407/gj.v4i1.13906.

A. Zakaria, A. Yuliani, B. P. Nurseha, D. Septiani, H. Kurniawaty, and H. Ismah, “Penerapan Digital Marketing UMKM Di Desa Nagrak, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor.,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 3, pp. 195–198, 2022.

A. Dwijayanti and P. Pramesti, “Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19,” Ikra-Ith Abdimas, vol. 4, no. 2, pp. 68–73, 2021, [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/download/982/772

Robby Aditya and R Yuniardi Rusdianto, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. Pelayanan dan Pengabdi. Masy. Indones., vol. 2, no. 2, pp. 96–102, 2023, doi: 10.55606/jppmi.v2i2.386.

I. Farhani and H. Chaniago, “Faktor Penentu Transformasi Digital UMKM: Bukti dari Indonesia,” Pros. 12th Ind. Res. Work. Natl. Semin. , pp. 1010–1015, 2021.

N. Ainun, A. Wahida, and R. Maming, “Pentingnya Peran Logo Dalam Membangun Branding Pada Umkm,” Jesya (Jurnal Ekon. Ekon. Syariah, vol. 6, no. 1, pp. 674–681, 2023, doi: 10.36778/jesya.v6i1.967.

A. Listya and Y. Rukiah, “Visual Branding Produk Belimbing Olahan Umkm Depok Melalui Desain Logo,” Desain Komun. Vis. Manaj. Desain dan Periklanan, vol. 3, no. 02, p. 199, 2018, doi: 10.25124/demandia.v3i02.1548.

R. L. Rahardian, M. Azman Maricar, I. G. P. A. Prayoga, I. G. B. A. K. Atmaja, I. K. D. A. Mahaputra, and I. W. J. A. Winata, “Visual Branding Melalui Desain Logo dan Pembuatan Corporate Identity Pada Les Piano & Keyboard Studio Tsk,” journal.universitaspahlawan.ac.idRL Rahardian, MA Maricar, IGPA Pray. IGBAK Atmaja, IKAD Mahaputra, IWJA WinataCommunity Dev. J. J. Pengabdian, 2023•journal.universitaspahlawan.ac.id, vol. 4, no. 2, pp. 1258–1262, 2023, [Online]. Available: http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/13048

D. Y. Kristiawan and M. Anasrulloh, “PENGARUH DESAIN KEMASAN MOCKUP PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM MIKRO (Study Pada UMKM Mikro Kecamatan …,” J. Sains, Ekon. …, vol. 1, no. 1, pp. 44–53, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/sainmikum/article/view/44%0Ahttps://ejournal.lumbungpare.org/index.php/sainmikum/article/download/44/38

J. Iskandar, Y. K. Sari, and A. Fathurrohim, “Pelatihan Desain Mockup dan Logo Sebagai Branding Produk Untuk Meningkatkan Nilai Jual Bagi UMKM di Desa Rejotangan Kabupaten Tulungagung,” J. Pengabdi. Masy. Bangsa, vol. 1, no. 8, pp. 1417–1424, 2023, doi: 10.59837/jpmba.v1i8.373.

Z. Abidin Achmad, T. Zendo Azhari, W. Naufal Esfandiar, N. Nuryaningrum, A. Farah Dhilah Syifana, and I. Cahyaningrum, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Pemasaran Produk UMKM di Kelurahan Sidokumpul, Kabupaten Gresik,” J. Ilmu Komun., vol. 10, no. 1, pp. 17–31, 2020, doi: 10.15642/jik.2020.10.1.17-31.

K. A. Akhmad, “Pemanfaatan Media Sosial bagi Pengembangan Pemasaran UMKM (Studi Deskriptif Kualitatif pada Distro di Kota Surakarta),” DutaCom J., vol. 9, no. 1, pp. 43–54, 2015, [Online]. Available: http://journal.stmikdb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/17

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Rizal, M. A., Bani, F. C. D., Yuniarti, T., & Faujiyah, F. (2024). Pengembangan Media Pemasaran Dan Digitalisasi Pemasaran Di PT Nirwana Unggul Restu, Depok, Jawa Barat. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(3), 105–111. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i3.721