Mengoptimalkan Perkembangan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Parenting Orang Tua

Penulis

  • Meylina Meylina STMIK Jaya Nusa
  • Reni Wijaya AMIK Jayanusa Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i3.718

Kata Kunci:

pelatihan, kosakata bahasa inggris, komputer, teknologi

Abstrak

Pelatihan bahasa inggris melalui parenting orang tua sangat dibutuhkan di zaman digital sekarang. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan metode-metode pengajaran bahasa inggris kepada orang tua ketika anak-anak mereka sudah berada di rumah. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dalam kegiatan bulanan POMG (Persatuan Orang Tua Murid dan Guru) TK-IT Qurrata A’yun. Kegiatan dimulai dengan memberikan pengantar umum tentang pentingnya keterampilan bahasa inggris untuk anak-anak, kemudian dilanjutkan dengan menjelaskan metode-metode pengajaran bahasa inggris yang menarik seperti membangun rutinitas, memanfaatkan situasi sehari-hari, menggunakan alat teknologi seperti komputer dan android dalam mempelajari lagu, kosakata, dan cerita. Pembagian kuisioner juga dilakukan pada saat pemantauan kepada 30 peserta untuk mengetahui kemajuan dan keberlanjutan dari peningkatan kemampuan pengajaran bahasa inggris oleh para orang tua di rumah. Hasil dari pengabdian menunjukkan bahwa orang tua menjadi lebih percaya diri dan lebih antusias untuk menggunakan bahasa inggris dan mengajarkannya kepada anak-anak mereka dan secara tidak langsung anak-anak pun terlihat mulai tertarik dengan kosakata, lagu, dan cerita berbahasa inggris.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

D. P. Y. P. Kurniati, Modul Komunikasi Verbal dan Non Verbal, vol. 17, no. 1. 2016. doi: 10.18860/el.v17i1.3088.

M. Muflihah, “PENTINGNYA PERAN BAHASA DALAM PENDIDIKAN USIA DINI (PAUD),” ThufuLA J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, vol. 2, no. 2, p. 333, 2014, doi: 10.21043/thufula.v2i2.4642.

D. H. Brown, Teaching by principles?: An Interactive Approach to Language Pedagogy. 2007.

N. A. Nur, “URGENSI PENGEMBANGAN KECERDASAN FISIK MOTORIK ANAK USIA DINI MENURUT KONSEP MONTESSORI,” 2022.

K. Lihawa, J. H. D. Pilongo, and E. L. Sambouw, “Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris dalam Percakapan Sehari-hari bagi Para Pemuda di Kabupaten Gorontalo Utara.” 2015. [Online]. Available: https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwis5un16JjYAhVJso8KHU59BJ0QFggmMAA&url=http://repository.ung.ac.id/get/singa/1/295/Meningkatkan-Kemampuan-Berbicara-bahasa-Inggris-dalam-Percakapan-Sehari-hari-Bagi

N. H. Fajaria, “Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Flashcard ABACA bagi Siswa Asuh Yayasan Al-Kahfi Cabang Bekasi,” Jakarta Timur, 2015.

S. Siti, “PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA GAMBAR ANAK USIA DINI PADA KEGIATAN EKSTRAKULIKULER DI TK MASYITHOH 25 SOKARAJA TENGAH,” 2020, [Online]. Available: https://eprints.uinsaizu.ac.id/9173/1/SITI SOIMAH_PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS.pdf

“Kids Flashcards.” [Online]. Available: https://kids-flashcards.com/

Sukatno, “PENINGKATAN PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS MELALUI KEGIATAN SUPER CAMP KELAS XII IPA1 SMAN 1 GIRIMARTO IMPROVING LEARNING MASTERING VOCABULARY THROUGH SUPER CAMP XII OF IPA1 SMAN 1 GIRIMARTO STUDENTS,” pp. 147–160, 2022.

D. Amelia, “UPAYA PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI STORYTELLING SLIDE AND SOUND,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 2, no. 1, p. 22, 2021, doi: 10.33365/jsstcs.v2i1.948.

I. V. Sophya, “MELALUI LAGU PADA ANAK USIA DINI,” Thufula, vol. 1, no. Volume 1, Nomor 1, Juli-Desember 2013, pp. 1–21, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Meylina, M., & Wijaya, R. (2024). Mengoptimalkan Perkembangan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Parenting Orang Tua. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(3), 98–104. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i3.718