Pelatihan Penggunaan Teori Semiotika Roland Barthes untuk Menganalisis Karya Sastra
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i3.710Keywords:
teori semiotik, karya sastra, Roland Barthes, analisis sastraAbstract
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini disusun dalam bentuk kuliah umum yang meliputi diskusi, tanya-jawab dan latihan secara daring (online) melalui media Zoom. Program ini menitik-beratkan pada peningkatan pengetahuan dan pemahaman mengenai penerapan teori semiotika Roland Barthes untuk menganalisis suatu karya sastra. Ini bertujuan untuk memberi pemahaman kepada pelajar mengenai teori semiotik dan mengajarkan kepada mereka cara menggunakan teori semiotika Barhtes untuk menafsirkan makna pada suatu tanda yang ada pada karya sastra. Kegiatan ini bermanfaat untuk membantu para pelajar agar dapat mempersiapkan diri menafsirkan karya sastra yang sudah mereka baca serta dapat mengembangkan minat mereka untuk mengidentifikasi tanda-tanda atau hal-hal yang mereka temukan dalam karya sastra tersebut. Kegiatan PKM yang rutin dilakukan secara teratur setiap semester ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas para pelajar untuk menjadi generasi penerus bangsa yang kritis dan mengapresiasi karya sastra.
Downloads
References
Rudy. (2023). Mengembangkan Minat Membaca Pelajar terhadap Karya Sastra Amerika. Jurnal Pustaka Mitra 3 (6): 253-257.https://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id/index.php/pustakamitra/article/view/635.
Irawanti, A. A., & Tanti. A. (2020). Analisis Nilai Moral dalam Novel Surat Kecil untuk Tuhan Karya Agnes Davonar. Jurnal Bahastra 5(1), 98-102. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3148.
Berger, A. A. (2010). The Objects of Affection: Semiotics and Consumer Culture. New York: Palgrave Macmillan.
Berrio-Zapata, C., Fabio, M. M., & Ricardo, C. G. S. (2015). Barthes' Rhetorical Machine: Mythology and Connotation in the Digital Networks. Bakhtiniana, 10 (2), 147-170. https://dx.doi.org/110.1590/2176-457321910.
Bouzida, F. (2014). The Semiology Analysis in Media Studies - Roland Barthes Approach. Proceeding of SOCIOINT 14 - International Conference on Social Sciences and Humanities, 1001-1007.
Griffin, E. (2012). A First Look at Communication Theory. New York: McGrawHill.
Hatam, S., & Iman, M. M. M. A. (2021). Barthes’ Semiotic Theory and Interpretation of Signs. International Journal of Research in Social Sciences & Humanities, 11(3), 470-482. DOI: 10.37648/ijrssh.v11i03.027
Hidayati, A., Atmazaki & Abdurahman. (2016). Hubungan Pengalaman Membaca Sastra dengan Keterampilan menulis Puisi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 17-23. https://doi.org/10.24036/9830-019883.
Barthes, R. (1991). Mythologies. New York: The Noonday Press. (Original work published 1957)
Kalelioglu, M. (2017). The Theory of Signification: Semiotic Criticism and Literature. International Journal of Language Academy 5(8), 169-181. https://dx.doi.org/10.18033/ijla.3809.
Mudjiyanto, B. & Emilsyah. N. (2013). Semiotika dalam Metode Penelitian Komunikasi. Jurnal Penelitian Komunikasi, Informatika dan Media Massa PEKOMMAS 16 (1), 73-82.
Pradopo, R. D. (1998). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya. Humaniora 7: 42-48.
Adi, I. R. (2011). Fiksi Populer: Teori dan Metode Kajian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rudy. (2024). Reading Signs in Films through Barthes’ Semiotics. Jolali: Journal of Language and Literature 2 (1): 5-11. https://jolali.respati.ac.id/index.php/jolali/article/vie w/13
Storey, J. (2006). Cultural Theory and Popular Culture: An Introduction. Harlow: Pearson Longman.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.