Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata untuk Pemuda di Daerah Wisata Pariaman
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i1.649Kata Kunci:
Bahasa Inggris Pariwisata, Generasi Muda, Objek WisataAbstrak
Program pelatihan pariwisata ini sangat penting untuk dikembangkan guna meningkatkan perekonomian di Indonesia. Oleh karena itu, berbagai upaya perlu dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata. Kompetensi berbahasa Inggris merupakan faktor penting dalam meningkatkan industri pariwisata. Pengabdian ini dilakukan untuk mengkaji secara mendalam peran bahasa Inggris dalam perkembangan pariwisata dan perekonomian di Indonesia. Pelatihan terbuka dan kuesioner dilakukan kepada 32 generasi muda di sekitar tempat wisata terpilih dan pemilik industri pariwisata di Pariaman untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa bahasa Inggris mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengembangkan industri pariwisata. Generasi muda yang mampu berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris dapat mendukung perkembangan usaha pariwisata terutama dalam memperluas program penjualan dan memberikan pelayanan yang lebih efisien. Oleh karena itu, dengan adanya pengabdian ini, para pemangku kepentingan pariwisata terus meningkatkan kompetensi bahasa Inggris pegawainya dengan mengadakan program pendidikan bahasa Inggris.
Unduhan
Referensi
Anas. (2022). Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Promis, 3(2), 110–130. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/566
Arifuddin, A., Dewi, R. S., Zuindra, Z., & Mayasari, M. (2021). Pelatihan Kosakata Bahasa Inggris Pariwisata (English For Tourism) Bagi Remaja Dan Praktisi Pariwisata Di Istana Maimun. Jurnal TUNAS, 3(1), 156–159.
Asworowati, R., & Widarjono, A. (2016). Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Perkonomian Studi Kasus di Bali, DIY, NTB dan SUMUT. In Universitas Islam Indonesia. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/5971/08
Dewi, M. K., Pratama, R. A., & Nurjanah, R. L. (2019). Bahasa Inggris Untuk Pemandu Wisata (1st ed.). SINT Publishing.
Hijrah, H., Saiful, S., Setiadi, M. A., & Bakri, R. A. (2022). Indoor dan Outdoor Training Bagi Pemandu Wisata di Pantai Bira Kabupaten Bulukumba. MARTABE?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(9), 3493–3502.
Katili, Y. A. H., Sahabi, A., Arsana, I. K. S., & Sulasmi, S. (2021). Analisis Kemanfaatan Budaya Berbahasa Inggris Pada Sektor Pariwisata Berkelanjutan dI Era Industri 4.0. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 9(3), 373–380. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v9i3.6073
Ritonga, A. K., Tauhid, B., & Taviani, T. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata di Kawasan Destinasi Wisata Pantai, Kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat. MARTABE?: Jurnal Pengabdian Masyarakat?, 5(4), 1524–1529. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i1.217
Setiawan, I. R. (2016). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata: Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan, 1(1), 23–25. https://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/view/301
Sufelmi, W. B. (2018). Manajemen Pendidikan Nonformal. In Program Stidu Administrasi Pendidikan STKIP Muhammadiyah (Issue 9).
Syakier, W. A., & Hanafiah, M. H. (2021). Tour Guide Performances, Tourist Satisfaction And Behavioural Intentions: A Study On Tours In Kuala Lumpur City Centre. Journal of Quality Assurance in Hospitality and Tourism, 23(3), 597–614. https://doi.org/10.1080/1528008X.2021.1891599
Widiyarto, S., & Sulastri, S. (2015). Peranan Kemampuan Komunikasi Bahasa Inggris Guna Peningkatan Daya Saing Sdm Menghadapi Mea (Masyarakat Ekonomi Asean). Journal of Applied Business and Economics , 2(2), 193–201.
Wikipedia. (2017). Menyapa - Wikikamus bahasa Indonesia. https://id.wiktionary.org/wiki/menyapa
Winarji, B. (2019). Kursus dan Pelatihan: Bidang kepemanduan Wisata Melalui Pemagangan. PP-PAUD dan DIKMAS Jawa Barat.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.