Sosialisasi Perlindungan Aset Pemasaran Digital Untuk Mendukung Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Sleman

Penulis

  • Adhi Prakosa Universitas PGRI Yogyakarta
  • Fikri Farhan Universitas PGRI Yogyakarta
  • Fitri Lutfi Arrafi Universitas PGRI Yogyakarta
  • Ukek Dwi Wahdiniatma Universitas PGRI Yogyakarta
  • Tamimah Nur Shalihah Universitas PGRI Yogyakarta
  • Aqila Mandasari Universitas PGRI Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i6.637

Kata Kunci:

digital marketing, online media, increasing sales, digital marketing assets, msme

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) saat ini menjadi salah pembangkit ekonomi di suatu negara, salah satunya di Indonesia.  Setelah pandemi covid-19 sektor UMKM memiliki peran yang besar dalam proses pemulihan ekonomi nasional.  Jumlah UMKM di Indonesia selalu mengalami peningkatan setiap waktunya, terutama di Kabupaten Sleman. Di Kabupaten Sleman terdapat banyak sektor UMKM yang tergabung dengan “Sobat PLUT Sleman”. PLUT Sleman sendiri yaitu, Pusat Pelayanan Usaha Terpadu yang ada di Kabupaten Sleman yang membantu para UMKM dalam menjalankah usaha mereka.  Meningkatnya jumlah UMKM di Kabupaten Sleman ini mengakibatkan persaingan pasar semakin ketat, sehingga para pelaku UMKM perlu mengubah atau meningkatkan pola pemasaran mereka.  Salah satu metode pemasaran yang saat ini dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan melakukan pemasaran digital. Adanya pemasaran digital, akan memudahkan UMKM dalam memasarkan produk atau jasa mereka yang nantinya informasi mengenai produk atau jasa yang mereka jual dapat tersebar secara luas melalui media online.  Sebelum terjun ke dunia pemasaran digital, ada beberapa hal yang perlu pelaku UMKM ketahui mengenai aset-aset yang ada dalam pemasaran digital.  Hal ini perlu diketahui agar pelaku UMKM tetap aman dalam melakukan pemasaran digital. Untuk itu perlu dilakukannya sebuah sosialisasi untuk para pelaku UMKM agar nantinya pelaku UMKM dapat mengenal dan menjaga aset-aset pemasaran digital mereka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arif Pratama Marpaung, “Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing,” Prosiding Seminar Kewirausahaan, vol. 2, no. 1, pp. 294–300, 2021.

N. Sholica and R. Oktafia, “Strategi Pemasran Dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, vol. 7, no. 1, pp. 425–432, 2021.

K. Syairi, M. Khoiri, W. Endarwati, and M. Rosy, “Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Melalui Penguatan Legalitas Usaha,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 4, pp. 141–144, Jul. 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.381.

E. Suryanti, H. Lesmana, and H. Mubarok, “Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan UMKM,” Permana?: Jurnal Perpajakan, Manajemen, dan Akuntansi, vol. 13, no. 1, pp. 60–72, 2021, doi: 10.24905/permana.v13i1.117.

N. R. Arumsari, N. Lailyah, and T. Rahayu, “Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang,” SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), vol. 11, no. 1, p. 92, 2022, doi: 10.20961/semar.v11i1.57610.

L. D. Pratama, A. Y. Putri, N. A. Yulia, and W. Lestari, “PENDAMPINGAN UMKM BERBASIS DIGITAL MARKETING UNTUK Digital Marketing-Based Assistance Of MSMES To Increase Product Competitive,” vol. 9, no. September, pp. 770–778, 2022.

D. F. Hadi and K. Zakiah, “Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi,” Competitive, vol. 16, no. 1, pp. 32–41, 2021, doi: 10.36618/competitive.v16i1.1171.

B. ulum Ilham, “Pendampingan Kurasi Produk pada UMKM Gaddeta di Kota Makassar,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 1, pp. 30–34, Jan. 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.370.

D. Septiani et al., “Penerapan Digital Marketing UMKM di Desa Nagrak, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 3, pp. 195–198, Sep. 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i3.278.

Y. R. Denny, S. Permana, N. Nurilmy, and ..., “Peningkatan Mutu Umkm Komoditas Ikan Guna Pemasaran Yang Berskala Luas,” Jurnal Pengabdian …, vol. 9, 2022.

M. Mashuri, “Analisis Strategi Pemasaran UMKM Di Era 4.0,” IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, vol. 8, no. 2, pp. 215–224, 2019, doi: 10.46367/iqtishaduna.v8i2.175.

S. Adita, N. Sovianti, and S. Hasanah, “Edukasi Strategi Diskon dalam Memenuhi Minat dan Kepuasan Pelanggan pada Umkm Abyan Kosmetik dan Aksesoris,” Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 4, pp. 181–185, Jul. 2023, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.552.

A. A. Bobsaid and E. A. Saputro, “Pendampingan Strategi Pemasaran UMKM Desa Giripurno Melalui Digital Marketing,” Jurnal Ilmiah Pangabdhi, vol. 8, no. 2, pp. 57–61, 2022, doi: 10.21107/pangabdhi.v8i2.14365.

F. Rizal, D. H. Prayoga, D. I. Amalia, D. A. Rosanti, E. N. Anggrahin, and E. M. W. Andini, “PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PERTANIAN KELOMPOK TANI WANITA PERMATA,” Snhrp, vol. 2, pp. 115–130, 2022.

R. A. Erwan Darmawan, “Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Produk Umkm Makanan Khas Banten Di Kota Serang,” Pengaruh Penggunaan Digital Marketing Terhadap Volume Penjualan Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Kasus Produk Umkm Makanan Khas Banten Di Kota Serang, vol. 22, no. 22, pp. 1–13, 2022.

H. Haryanto, D. Delfina, J. Jessica, J. Chang, and F. Quinn, “Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 181–186, 2022, doi: 10.52436/1.jpmi.494.

A. Kustanto and M. S. Prabowo, “Penerapan Digital Marketing Dengan Implementasi Peraturan Walikota Semarang No 90 Tahun 2020 Di Kelurahan,” vol. 7, no. 1, pp. 53–57, 2022.

A. Putri et al., “Pelatihan Digital Marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM,” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) , vol. 3, no. 2, pp. 828–839, 2022.

A. Zubaidi, A. H. Jatmika, W. Wedashwara, A. Z. Mardiyansyah, and N. Alamsyah, “Pendampingan Industri Kecil Menengah Dalam Pemanfaatan Aset Digital Untuk Meningkatkan Usaha Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), vol. 2, no. 2, pp. 223–230, 2021, doi: 10.29303/jbegati.v2i2.632.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-11-30

Cara Mengutip

Prakosa, A., Farhan, F., Arrafi, F. L., Wahdiniatma, U. D., Shalihah, T. N., & Mandasari, A. (2023). Sosialisasi Perlindungan Aset Pemasaran Digital Untuk Mendukung Pertumbuhan UMKM di Kabupaten Sleman . Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(6), 248–252 . https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i6.637