Peningkatan Ekonomi Melalui Pengembangan UMKM Pala Pada Desa Warung Menteng Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor

Authors

  • Saeful Anwar Universitas Djuanda Bogor
  • Andy Lasmanal Universitas Djuanda Bogor
  • Rachmad Gunawan Universitas Djuanda Bogor
  • Muhamad Fadhil Universitas Djuanda Bogor
  • Kadevin Dwi Zulfikar Universitas Djuanda Bogor
  • T. K Nurjihan Universitas Djuanda Bogor
  • Selina Aryadisti Universitas Djuanda Bogor
  • Atiyyatul Maula Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i5.629

Keywords:

ekonomi, inovasi, pengembangan UMKM, PKM, pala

Abstract

Keadaan ekonomi masyarakat Indonesia saat ini sudah berkembang pesat dilihat dengan perbandingan keadaan ekonomi pada tahun sebelumnya. Hal ini tidak terlepas dari dukungan UMKM di Indonesia yang sangat berpengaruh dari berbagai aspek ekonomi, tetapi masih banyak UMKM yang masih menerapkan kebiasaan kerja yang dulu dan tidak berani untuk memulai pengembangan usaha dan inovasi dalam usahanya. Termasuk pada UMKM Pala di Desa Warung Menteng ini, mereka belum menerapkan inovasi pada produknya, hal ini ditunjukkan dengan jenis produk yang mereka jual. Selama 40 tahun mereka terus menjual jenis produk yang sama yaitu pala basah dan pala kering. Oleh karena itu melalui kegiatan PKM ini kami bersama pelaku UMKM Pala membuat inovasi berupa produk sari pala yang nantinya akan dijual secara luas dan bertujuan untuk menarik pelanggan dengan inovasi terbaru. Program PKM ini dilaksanakan dengan menjalankan kegiatan penggunaan digital marketing untuk menunjang strategi pemasarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wardhana, Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV, Universitas Pendidikan Indonesia, 2017, (pp. 327–337).

Kotler, P., & Amstrong, G., Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2016.

Sukmadinata, Nana Syaodih Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan RD, Bandung: Alfabeta, 2015.

Wijoyo, Manajemen Pemasaran, Insan Cedekia Mandiri, 2020.

Alansori, Apip., Kontribusi UMKM Terhadap Kesejahteraan Masyarakat. Jakarta: Penerbit Andi, 2020.

D. Purwana, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 2017. Indriantoro, N., dan Supomo, B., Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta: Penerbit BPFE, 2016.

Kemenkeu., Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan, 2021.

Kotler, Philip dan Keller, Marketing Management. Engelwood Cliffs: Prentice Hall International Inc. A Division of Simoon and Scuster, 2011.

Malhotra, N.K, Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia, 2016.

Narimawati, Umi, Penulisan Karya Ilmiah, Jakarta: Penerbit Genesis, 2010.

Ryan Kristo Muljono., Digital Marketing Concept. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2018.

Saifudin, Muh Chusnul., Peranan Usaha Mikro Kecil Menengah Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Perekonomian Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam, AT-TUJJAR, 2019, Vol. 07 No. 02

Weda, Tri Raharjo., Pengembangan Ekonomi Masyarakat, Surabaya: Jakad Publising, 2018.

Published

2023-10-24

How to Cite

Anwar, S., Lasmanal, A. ., Gunawan, R. ., Fadhil, M., Zulfikar, K. D. ., Nurjihan, T. K. ., Aryadisti, S., & Maula, A. . (2023). Peningkatan Ekonomi Melalui Pengembangan UMKM Pala Pada Desa Warung Menteng Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(5), 228–232. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i5.629