Edukasi Bahasa Inggris Dasar untuk Anak-Anak Setingkat Sekolah Dasar di Kelurahan Korong Gadang

Penulis

  • Meylina STMIK Jaya Nusa
  • Sri Mulyaningsih STMIK Jaya Nusa

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.563

Kata Kunci:

Kosakata bahasa inggris, anak-anak, sekolah dasar

Abstrak

Program pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa inggris dasar kepada anak-anak setingkat Sekolah Dasar (SD) yang berdomisili disekitar kecamatan Kuranji kota Padang. Kegiatan ini diikuti oleh 18 orang anak yang terdiri dari 8 orang anak perempuan dan 10 orang anak laki-laki. Pelaksanaan pelatihan ini dilakukan melalui tahapan persiapan materi, diskusi, serta praktek. Pada proses persiapannya, penulis melakukan sosialisasi awal sekaligus observasi terkait kebutuhan pelatihan, materi pelatihan, serta tempat pelaksanaan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa mayoritas peserta belum memiliki kemampuan dasar bahasa inggris. Sebagian dari mereka merasa sangat malu untuk mempraktekkan kegiatan membaca maupun berbicara kosakata bahasa inggris. Namun, seiring dengan proses berjalannya program pelatihan ini, mulai dari kegiatan perkenalan diri, praktek kosakata, dan kegiatan menyanyi bersama, peserta menunjukkan kemajuan yang cukup signifikan. Mereka terlihat sangat bersemangat untuk mempraktekkannya didepan peserta yang lain. Dalam pelatihan ini, penulis selalu memberikan pujian kepada peserta yang berani maju untuk mencoba mempraktekkan bahasa inggris. Selain itu, penulis juga memotivasi dan merangkul peserta yang masih merasa kurang percaya diri dalam pelatihan ini. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta semakin termotivasi untuk belajar bahasa inggris dirumah masing-masing sehingga mereka siap untuk menerima pembelajaran ini pada jenjang sekolah yang lebih tinggi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Brown, D. H. (2007). Teaching by principles?: An Interactive Approach to. Language Pedagogy. San Fransisco State University.

Fajriyah, I. (2013). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR PADA SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH PURWODININGRATAN 2 YOGYAKARTA. Universitas Negeri Yogyakarta.

Desti Pradini, B., & Juliastomo Gundo, A. (2019). Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Satu Menggunakan Ren’Py [Universitas Kristen Satya Wacana]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/15772

Azzahra Ramadhani, F. (2022). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga sebagai Media Pembelajaran. Universitas Pendidikan Indonesia.

Handayani, F., Suhernah, S., Dea Sri Damayanti, P., Rahmawati, Y., Dian Cahyani, A., & Hikmah Tilova, M. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS KELAS RENDAH DENGAN ALPHABET METHOD DI SD NEGERI SANGIANG 2. Berajah Journal, 3(1), 219–226. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.216

Perwitasari, N. (2014). PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MATERI FAMILY MELALUILAGU PADA SISWA KELAS V SD N PIYAMAN II, WONOSARI [Universitas Negeri Yogyakarta]. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14041

Kharisma Sukmawati, A. (2020). PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN METODE MODELLING THE WAY PADA KELAS IV MI MA’ARIF POLOREJO [Institut Agama Islam Negeri Ponorogo]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/11370/

Ayu Made Rai Suarniti, G. (2021). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris SD Negeri 1 Petang Suci Melalui Bimbingan dan Pengajaran di Kelas. Community Services Journal (CSJ), 3(2), 89–92.

Maru’ao, N. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS. -, 14(2), 221–230.

Munisah, E. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PROGRAM TERAS BELAJAR. Jurnal Elsa, 19(1). https://jurnal.umko.ac.id/index.php/elsa/article/download/328/176/1094

Wakana, J. (2012). MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN ALPHABET GAME PADA SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH AZZAHIDIN PEKANBARU [Universitas IIslam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. https://repository.uin-suska.ac.id/9663/1/2012_2012737.pdf

Hastini, N. (2011). PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KETAON BANYUDONO [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/15626

Novita Wijayanti, D. (2016). PEMBELAJARAN EFEKTIF BAHASA INGGRIS MELALUI LAGU ANAK-ANAK UNTUK SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI). Elementary, 124–148. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1931

Ardhi Mauluddin Sitorus, A., Bunga Boru, L., Amelia, L., Aulia Fahra Harahap, S., Meha, Y., & Ardiansyah, Y. (2022). Strategi Guru bahasa Inggris dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di MAN 2 Model. EDUMASPUL Jurnal Pendidikan, 6(1), 484–488. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2324

Mardison, S. (2016). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, 6(2), 635–643. https://doi.org/https://doi.org/10.15548/alawlad.v7i2.432

Buasim, B. (2008). MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SD. Perspektif Ilmu Pendidikan, 17(9). https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/7146/5137

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-23

Cara Mengutip

Meylina, M., & Mulyaningsih, S. . (2023). Edukasi Bahasa Inggris Dasar untuk Anak-Anak Setingkat Sekolah Dasar di Kelurahan Korong Gadang. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(4), 186–193. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i4.563