Penerapan Media Digital Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Bidang Kuliner di Area Jakarta Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i3.507Keywords:
UMKM, Media Digital, Program PendampinganAbstract
Pasca Pandemi Covid-19 mendorong sektor industri yang salah satunya adalah sektor UMKM, untuk kembali bangkit dan pulih. Oleh karena itu perkembangan transformasi digital saat ini diharapkan dapat membantu memulihkan kondisi UMKM yang berada disektar. Berbagai macam media dan aplikasi digital banyak bermunculan dalam segala bidang keilmuan, dan dapat dimanfaatkan dalam rangka meningkatkan keterampilan para pelaku UMKM. Melalui pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat, UMKM didampingi dan dibimbing untuk dapat memahami dan mengaplikasikan keterampilan digital pada keseharian mereka, guna memulihkan dan meningkatkan kembali usaha mereka. Empat UMKM dibidang kuliner terpilih untuk diberikan bimbingan serta pendampingan selama lima bulan, dengan fokus penerapan aplikasi dan media digital dalam upaya pemulihan dan pengembangan usaha. Penerimaan dari UMKM binaan sangat baik dan antusias, sedikit banyak hasil dari pemdampingan dirasakan hingga beberapa diantaranya mengalami kenaikan omzet penjualan. Sehingga dapat dinyatakan, bahwa kegiatan pendampingan dengan penerapan media digital dirasakan cukup efektif dalam membantu memulihkan kondisi UMKM pasca pandemic Covid-19.
Downloads
References
S. Rimadias, “Faktor Penentu Kelangsungan Hidup UMKM di Indonesia Pasca Pandemi Covid-19,” J. Manaj. Strateg. dan Apl. Bisnis, vol. 6, no. Management Strategic, pp. 15–27, 2023.
M. Rachmawati, A. Aziz, I. Fauzi, R. Purwanti, and P. Pandansari, “Kewirausahaan Di Era Globalisasi?: Dropshiper SMK Bhakti Nusantara Salatiga,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 1, pp. 60–63, 2023.
H. Wijoyo and Widiyati, Digitalisasi UMKM Pasca Pandemic Covid-19 di Riau. 2020. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/profile/Yohanes_Kristianto10/publication/346495787_Meningkatkan_Kinerja_Industri_Kecil_Kampung_Batik_melalui_Keunggulan_Bersaing/links/5fc51f9b299bf1a422c3093a/Meningkatkan-Kinerja-Industri-Kecil-Kampung-Batik-melalui-Keunggul
J. Sulaksono and N. Zakaria, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri,” Gener. J., vol. 4, 2020.
A. Zakaria, A. Yuliani, B. P. Nurseha, D. Septiani, H. Kurniawaty, and H. Ismah, “Penerapan Digital Marketing UMKM Di Desa Nagrak, Kec. Sukaraja, Kab. Bogor.,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 3, pp. 195–198, 2022.
R. J. NAIMAH, M. W. WARDHANA, R. HARYANTO, and A. PEBRIANTO, “Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM,” J. IMPACT Implement. Action, vol. 2, no. 2, p. 39, 2020, doi: 10.31961/impact.v2i2.844.
I. Farhani and H. Chaniago, “Faktor Penentu Transformasi Digital UMKM: Bukti dari Indonesia,” Pros. Ind. Res. Work. …, vol. 12, pp. 4–5, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/proceeding/article/view/2845/2224
T. Yuniarti, F. Faujiyah, M. A. Rizal, and F. C. D. Bani, “Digitalisasi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Wilayah Jakarta Selatan,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 121–126, 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i2.202.
A. Muhardono, D. A. Murty, M. Imadiya, and Y. Christi, “Pelatihan Digital Marketing melalui Aplikasi Shopee bagi Pemuda Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tirto Kota Pekalongan,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 3, no. 2, pp. 84–89, 2023.
S. J. Raharja and S. U. Natari, “Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital,” Kumawula J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 108–123, 2021, doi: doi.org/10/24198/kumawula.v4il.32361.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.