Workshop Persiapan UKK dan Pengenalan Prospek Kerja Lulusan Bidang RPL di SMKN Rawas Ulu
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i3.477Kata Kunci:
SMK, ujian kompetensi keahlian, prospek kerja, RPLAbstrak
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan lembaga pendidikan menengah yang berbasis kejuruan, memiliki peran untuk menghasilkan tenaga kerja tingkat menengah yang memiliki keterampilan dan kompeten di bidangnya. Pendidikan SMK memiliki tujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengembangkan diri sejalan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi serta siap untuk memasuki dunia kerja. Selain itu SMK juga bertujuan agar peserta didik nantinya mempunyai kemampuan dan kompetensi yang profesional. Berdasarkan tujuan pendidikan SMK, peserta didik khususnya yang duduk di kelas XII (dua belas) akan mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Ujian ini merupakan salah satu standar kelulusan peserta didik SMK. Pelaksanaan ujian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik, yaitu kompeten atau tidak kompeten. Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dilaksanakan di SMK Negeri Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Kegiatan yang dilakukan adalah memberikan workshop mengenai persiapan Ujian Kompetensi Keahlian, diharapkan dengan adanya workshop ini peserta didik dapat mempersiapkan diri dengan matang serta apa saja kiat-kiat yang harus dilaksanakan untuk menghadapi Ujian Kompetensi Keahlian. Selain workshop mengenai persiapan Ujian Kompetensi Keahlian, PKM ini juga memberikan workshop pengenalan prospek kerja lulusan bidang rekayasa perangkat lunak. Workshop ini bertujuan untuk membuka wawasan peserta didik mengenai apa saja bidang kerja yang sesuai dengan jurusan rekayasa perangkat lunak, sehingga peserta didik bisa siap untuk terjun ke dunia kerja.
Unduhan
Referensi
Kemendikbud, “Pengembangan Bakat dan Minat Siswa SMK,” Kementeri. Pendidik. Dan Kebud. Direktorat Jenderal Pendidik. Dasar Dan Menengah Direktorat Pembin. Sekol. Menengah Kejuru., p. 77, 2016.
I. T. Utami, “Pelaksanaan Uji Kompetensi Di Era Pandemi,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 1, pp. 97–104, 2022.
I. T. Utami and E. H. Raharjo, “The effect of competence and experience of students internship on the readiness of work,” Wacana, vol. 23, no. 4, pp. 215–221, 2020.
Lisnawati and A. Adman, “Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri Dalam Penguasaan Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran,” J. Pendidik. Manaj. Perkantoran, vol. 4, no. 2, p. 264.
R. B. Miko, O. Wijaya, and E. Diah Utami, “Determinan Pengangguran Lulusan SMK di Indonesia Tahun 2020 Analisis Data Sakernas Februari 2020 (Determinants of Unemployment of Vocational High School Graduates in Indonesia in 2020),” Semin. Nas. Off. Stat., vol. 2020, no. 17, pp. 801–810, 2021.
A. W. Khurniawan, G. Erda, and M. . Majid, “Profil Lulusan SMK terhadap Tingkat Penyerapan Tenaga Kerja di Indonesia Tahun 2018/2019,” J. Vocat. Educ. Policy, vol. 1, no. 9, pp. 1–5, 2019.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.