Pelatihan Digital Marketing melalui Aplikasi Shopee bagi Pemuda Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tirto Kota Pekalongan

Penulis

  • Ari Muhardono Universitas Pekalongan
  • Daru Anggara Murty Universitas Pekalongan
  • Milla Imadiya Universitas Pekalongan
  • Yovita Christi Universitas Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i2.417

Kata Kunci:

pemberdayaan masyarkat, kelurahan tirto, digital marketing, aplikasi shopee

Abstrak

Kelurahan Tirto adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pekalongan Barang dengan wilayah sebesar 141.739 km2, Kelurahan Tirto terdiri  dari  9  RW  dan  44  RT.  Menurut data statistik  pada tahun 2022, jumlah penduduknya sebesar 11.114 jiwa;  terdiri  dari  5.605 laki-laki  dan  5.509 perempuan.  Sedangkan  mata  pencaharian  penduduk  cukup  beragam  meliputi PNS/TNI/POLRI sebesar 3%, karyawan swasta sebesar 37%, Wiraswasta/Pedagang sebesar 19%, Jasa sebesar 28%, Guru/Dosen sebesar 4%, Buruh Tani sebesar 1%, dan belum mendapat pekerjaan sebesar 4%.

Di Kelurahan Tirto memiliki Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM), Karangtaruna, dan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) namun program-program pemberdayaan masyarakat khususnya masyarakat usia produktif belum berjalan dengan maksimal, diperlukan upaya peningkatan pengetahuan terutama di bidang pemasaran digital. Berdasarkan permasalahan mitra diatas, maka perlu diadakan kegiatan pelatihan dan pendampingan mengenai digital marketing yang meliputi fundamental digital marketing dan strategi pemasaran produk melalui aplikasi Shopee kepada masyarakat di Kelurahan Tirto Kecamatan Pekalongan Barat. Tujuan dari pengabdian ini yaitu meningkatkan ketrampilan pemasaran pada masyarakat di Kelurahan Tirto agar mampu meningkat omset penjualan usahanya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

V. D. W. Aryanto and Y. Wismantoro, Marketing Digital?: Solusi Bisnis Masa Kini dan Masa Depan. Yogyakarta: PT Kanisius, 2020.

We Are Social, “Digital 2022 Indonesia?:all the data, trends, and insights you need to help you understand how people use the internet, mobile, social media, and ecommerce. Hootsuite,” Hootsuite, 2022. https://wearesocial.com/digital-2021.

V. A. Dihni, “10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022,” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022, 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/07/19/10-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2022 (accessed Oct. 07, 2022).

D. Apriadi and A. Y. Saputra, “E-Commerce berbasis Marketplace dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian,” J. Resti, vol. 20, no. 12, pp. 131–136, 2017, doi: 10.3969/j.issn.2095-4344.2016.12.002.

B. K. Pekalongan, Kecamatan Pekalongan Barat dalam Angka 2022. Pekalongan: BPS Kota Pekalongan, 2022.

Ibrahim, “Google Trend Adalah: Pengertian dan Cara Menggunakannya,” Accurate, 2021. https://accurate.id/digital-marketing/google-trend-adalah/.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-30

Cara Mengutip

Muhardono, A., Murty, D. A., Imadiya, M., & Christi, Y. (2023). Pelatihan Digital Marketing melalui Aplikasi Shopee bagi Pemuda Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Tirto Kota Pekalongan. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(2), 84–89. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i2.417