Workshop Penyelarasan Kurikulum, Pengembangan PKL dan Komitmen Dunia Kerja untuk Ketersetapan Lulusan
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i2.407Kata Kunci:
wotkshop, kurikulum, pembelajaran, serapan, lulusanAbstrak
Tujuan dari workshop ini adalah menyelaraskan kurikulum yang dipakai di SMK, khususnya SMK Negeri 1 Koto Baru. Penyelarasan ini berkaitan dengan kurikulum merdeka yang di pakai di SMK dan kebutuhan di dunia kerja dan industri, selain itu juga diberikan pembekalan dan kerja sama antara SMK Negeri 1 Koto Baru dengan berbagai perusahaan. Hasil dari kegiatan workshop ini adalah adanya kurikulum yang siap dipakai di SMA 1 Koto Baru untuk 1 semester kedepan sesuai dengan tren industri kedepan. Metode yang disampaikan dalam kegiatan PKM ini adalah adalah memberikan penjelasan tentang kurikulum, pentingnya menyelaraskan kurikulum, prosedur magang di perusahaan, berikutnya dilakukan kegiatan workshop dan diskusi untuk penentuan kurikulum yang akan di pakai di SMK 1 Koto Baru, serta pendampingan agar siswa dapat magang sekaligus alumni bisa terserap di dunia industri, khususnya perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan SMK 1 Koto baru. Kegiatan PKM ini berhasil dengan bukti lahirnya penetapan kurikulum dan kerjasama antara SMA 1 Koto Baru dengan beberapa perusahaan yang nantinya di harapkan dapat menyalurkan siswa untuk praktik kerja lapangan (PKL) maupun penyerapan alumni untuk berkerja di perusahaan tersebut.
Unduhan
Referensi
“TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL,” Undang. REPUBLIK Indones. NOMOR 20 TAHUN 2003, vol. Pasal 18, 2003.
STANDAR ISI UNTUK SATUAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH, vol. No 22. 2006.
B. M. A. S. A. Bangkara, I. C. Maruf, A. Latif, H. Hashibah, and I. Ikhsan, “Improving the quality of counseling services for students based on digital applications in line with the implementation of the Merdeka Curriculum,” Int. J. Health Sci. (Qassim)., vol. 6, no. S9 SE-Peer Review Articles, pp. 2100–2114, Sep. 2022, doi: 10.53730/ijhs.v6nS9.12875.
E. Andari, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS),” Allimna J. Pendidik. Profesi Guru, vol. 1, no. 2, pp. 65–79, 2022, doi: 10.30762/allimna.v1i2.694.
F. I. Sari, D. Sunendar, and D. Anshori, “Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 5, no. 1, pp. 146–151, 2023.
Y. Elva, R. A. Mahessya, A. Izzaty Zamhur, and R. Saputra, “Pelatihan E-Office Pada TU UIN Imam Bonjol Padang,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 14–18, 2022, doi: 10.55382/jurnalpustakamitra.v2i1.67.
H. Syahputra, R. A. Mahessya, and A. I. Jamhur, “Sosialisasi Aplikasi Sketchup Untuk Umkm Komunitas Hobi Kayu Padang Dalam Mendesain Produk Interior,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 1, no. 2, pp. 144–147, 2021.
M. R. Putra, R. A. Mahessya, and D. Kartika, “Belajar Membuat E-Book Memanfaat Aplikasi Multimedia Pada Santri,” J. Pustaka Mitra (Pusat Akses Kaji. Mengabdi Terhadap Masyarakat), vol. 2, no. 2, pp. 150–153, 2022.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat)

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.