Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pemasaran Pariwisata Desa Ngesong Kulon Progo Yogyakarta

Authors

  • Daris Yulianto Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi AAN, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.385

Keywords:

teknologi informasi, optimalisasi, wisata

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah optimalisasi pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung pemasaran wisata di Desa Ngesong Kalurahan Giripurwo Kapanewon Girimulyo Kabupaten Kulon Progo Propinsi DIY. Potensi wisatanya adalah waduk mini yang diberi nama Embung Kleco dan wisata Agro Durian. Identifikasi masalah pada proses pengembangan wisata, ditunjukkan dengan belum adanya penanganan yang baik tentang pemasaran menggunakan teknologi informasi, seperti belum adanya web site dan belum tertata dengan baik publikasi melalui media sosial (Instagram, Facebook, google+). Kelompok sasaran PkM ini adalah karangtaruna di Desa Ngesong. Karangtaruna di nilai tepat karena potensi penggunakan media digital sudah baik dan mudah untuk diberdayakan. PkM ini sesuai dengan tema yang diangkat yaitu Pemberdayaan Karangtaruna dan Pengembangan Pariwisata Di Desa Ngesong. Metode pelaksanaan PkM ini menggunakan model ceramah dan pendampingan, dimulai pada pengantar pentingnya TI dalam sektor wisata, overview TI, strategi penggunaan platform digital marketing hingga langkah optimalisasi pemasaran. Dalam pelatihan disajikan data-data terbaru terkait penggunakan internet dan media sosial sehingga peserta antusias mengikuti pelatihan. Rata-rata mereka mengatakan pelatihan sangat bermanfaat, antara lain karena banyak informasi yang baru sehingga dalam menentukan prioritas digital marketing bisa tepat, sehingga diharapkan PkM ini membawa hasil positif dalam pengembangan wisata di Kalurahan Giripurwo khususnya di Desa Ngesong.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Teguh, "https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/pentingnya-teknologi-dalam-sektor-pariwisata/," https://aptika.kominfo.go.id, 04 05 2019. [Online]. Available: https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/pentingnya-teknologi-dalam-sektor-pariwisata/ . [Accessed 16 07 2022].

Desnelita, Y., Gustientiedina, G., Susanti, W., Nasien, D., & Noratama Putri, R., "PKMS Pelatihan Desain Grafis Menuju Wirausaha Bagi Pemuda Rt.03 Rw.04 Kelurahan Umban Sari.," Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 2, p. 266–272, 2019.

Mutia, I., Yulianingsih, Y., & Cholifah, W. N. , "Tata Kelola Media Sosial sebagai Pendukung Peningkatan Daya Jual Produk Industri Rumahan," Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, p. 56, 2019.

A. Setiadi, "Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika," Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. , vol. 16, no. 2, pp. 1-7, 2016.

W. Syafitri, "Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media di SMP IT Madani," Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 1, p. 158–166, 2019.

Apriyani, H., Sismadi, S., & Sefrika, S. , "Penggunaan Internet of Things Dalam Pemasaran Produk Pertanian," Jurnal Sistem Komputer Musirawas (JUSIKOM), vol. 3, no. 2, p. 74, 2018.

Darvin, D., Bahtiar, B., & Larisu, Z., "Implementasi Kebijakan Pembangunan Pariwisata Dalam Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Objek Wisata Meleura Kabupaten Muna.," Jurnal Neo Societal, vol. 5, no. 1, p. 23–31, 2020.

Yulianti, A., & Ekohariadi, E., "Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Menggunakan Aplikasi Construct 2 pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar," Jurnal IT-EDU, vol. 5, no. 1, p. 527–533, 2020.

Bps, "www.bps.go.id," bps, 11 10 2021. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/publication/2021/10/11/e03aca1e6ae93396ee660328/statistik-telekomunikasi-indonesia-2020.html. [Accessed 15 07 2022].

C. M. Annur, "databoks.katadata.co.id/datapublish," databoks.katadata.co.id, 23 03 2022. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022. [Accessed 15 07 2022].

D. W. Kurniawati, "Pemanfaatan Sosial media oleh Komunitas Wisata Grobogan dalam Mempromosikan Potensi Pariwisata Daerah," Jurnal Komuniti , vol. 8, no. 2, p. 34, 2016.

I. Suryani, "Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Produk Dan Potensi Indonesia Dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI Dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat," Jurnal komunikasi, vol. 8, no. 2, p. 123–138, 2015.

Marzuki, & Asslia Johar Latipah., "Penerapan Teknologi Informasi Dalam Pengembangan Pariwisata Berbasis Smart Village Desa Aikdewa," Teknimedia: Teknologi Informasi Dan Multimedia, vol. 1, no. 1, p. 8–17, 2020.

Published

2023-01-29

How to Cite

Yulianto, D. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Pemasaran Pariwisata Desa Ngesong Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 3(1), 35–41. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v3i1.385