Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya (Cross-Cultural Understanding) bagi Pelajar

Authors

  • Rudy Rudy Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.334

Keywords:

Pemahaman lintas budaya, pelajar, multikulturalisme

Abstract

Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini menitikberatkan kepada peran pemahaman lintas budaya yang perlu diperkenalkan dan dipelajari kepada kaum muda terutama pelajar pada tingkat SMP dan SMA. Kegiatan ini bermanfaat untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat terutama kaum muda (pelajar) tentang pentingnya pemahaman lintas budaya. Adapun tujuan pembahasan tema ini adalah untuk mengidentifikasi alasan pemahaman lintas budaya ini penting diterapkan bagi kaum pelajar. Pemahaman lintas budaya dapat dipandang sebagai sebuah program yang bisa diwujudkan dalam bentuk mata pelajaran atau program tambahan dalam sekolah. Pembahasan  pemahaman lintas budaya menitikberatkan pada pentingnya program ini bagi kaum muda karena dapat memperluas wawasan mereka mengenai multikulturalisme dan nilai-nilainya yang dapat menumbuhkan toleransi. Di samping itu, dengan adanya pemahaman lintas budaya, kaum muda memiliki nilai tambah karena ini dapat dipandang sebagai salah satu kemampuan yang diperlukan dalam dunia kerja dan bisnis.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Banks, J. A. (1974). Multicultural Education: In Search of Definition and Goals. Chicago: Institute on Cultural Pluralism.

Commander, N. E., Y. Zhao, P. A. Gallagher and Y. You. “Promoting Cross-cultural Understanding of Education through Online Discussions”. Social and Behavioral Sciences 46: 4632-4642.

Do?an, C. (2017). “The Importance of Multiculturalism in Community Interpreting”. International Journal of Business, Humanity and Technology. 7 (2): 72-77.

Eliwati, T. (2018). “Cross Cultural Understanding Learning Method”. MELT Journal 3 (1): 17-33.

Grishaeva, E. B. (2012). “Multiculturalism as a Central Concept of Multiethnic and Polyculutral Society Studies.” Journal of Siberian Federal University Humanities & Social Sciences, 7, 916–922.

Lebrón, A. (2013). “What is Culture?”. Merit Research Journal of Education and Review 1 (6): 126-132.

Matsumoto, D. In Kazdin, A. E (Ed.). (2000). Encyclopedia of Psychology, Vol. 2. (pp. 357-359). American Psychological Association.

Maulana, A. (2020). “Cross Culture Understanding in ESL Teaching: An Analysis for Indonesian Context”. Linguists 6 (2): 98-107.

Ratnasari, D. (2018). The Importance of Cross-cultural Understanding in Foreign Language Teaching in Asian Context. Bahasa dan Seni 46 (2): 124-130.

Rudy, F. I. Simanjuntak & Z. P. Simanjuntak. (2022). “Multicultural Values in Disney Animated Films”. Apollo Project 11 (2): 97-110.

Silviana, D. & M. A. Musadieq. (2017). “Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya dalam Proses Negosiasi Bisnis”. Jurnal Administrasi Bisnis 49 (1): 44-49.

Sood, R. (2017). “Cross Cultural Communication & Effectiveness Communication”. International Journal of Research and Scientific Innovation 4 (12): 84-86.

Stanley, J. Y. Setyadi & R. Rudy. (2021). “The Depiction of Tolerance in American Superhero Films”. Jurnal Bahasa, Sastra dan Studi Amerika 27 (1): 29-49. https://doi.org/10.20961/jbssa.v27i1.53545

Yilmaz, F. (2018). “Road to Peace Education:

Peace and Violence from the Viewpoint of

Children”. International Education Studies 11 (8):

-152.

Published

2022-12-30

How to Cite

Rudy, R. (2022). Pentingnya Pemahaman Lintas Budaya (Cross-Cultural Understanding) bagi Pelajar. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(4), 251–255. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.334