Pelatihan Pembukuan Akuntansi dalam Rangka Peningkatan Pelaporan Keuangan UMKM

Penulis

  • Saepul Anwar Universitas Djuanda Bogor
  • Alma Suci Rahmadani Universitas Djuanda Bogor
  • Rantika Anggrayanti Universitas Djuanda Bogor
  • Tia Listiawati Universitas Djuanda Bogor
  • Tasya Arta Mevia Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.320

Kata Kunci:

UMKM, Pencatatan akuntansi, teknologi digital

Abstrak

KKN ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM baik dalam segi pencatatan pembukuan   keuangan akuntansi maupun dari segi pemanfaatan tekhnologi digital. KKN ini menggunakan metode perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode perencanaan dilakukan dengan mengetahui permasalahan pelaku UMKM sehingga dapat dicari solusinya. Survey ini dilakukan dengan melakukan wawancara kepada para pemilik UMKM. Metode pelaksanaan dimana dilaksanakannya program kegiatan yang telah di rencanakan sebelumnya program kegiatannya berupa pelatihan pembukuan keuangan akuntansi sederhana dan pemanfaatan teknologi.Pada metode evaluasi pelaksanaannya dengan melihat Pencatatan pembukuan keuangan serta melihat hasil penjualan, dampak adanya program KKN terhadap pelaku UMKM serta kendala selama program yang telah dijalankan. Hasil KKN ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM melalui digital marketing dan pencatatan pembukuan  keuangan akuntansi ini sangat membantu para pihak Mitra UMKM dalam menentukan langkah strategi untuk mengembangkan bisnisnya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bahri, Syaiful. (2016). Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Andi Offset

Ikatan Akuntansi Indonesia. (2018). SAK (STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH). SAK EMKM. https://doi.org/10.1021/nl2023405

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suci, Yuli, R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro dan Menengah) di Indonesia

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Usaha Mikro Kecil, dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008. Jakarta.

Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Perfaormace. Jurnal Manajemen Pemasaran,12(2), 101-112.

https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101

Dedi Purwana, Rahmi, dan Shandy Aditya. 2017 Pemanfaatan Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol.1.No1.

Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Anwar, S., Rahmadani, A. S. ., Anggrayanti, R. ., Listiawati, T. ., & Mevia, T. A. (2022). Pelatihan Pembukuan Akuntansi dalam Rangka Peningkatan Pelaporan Keuangan UMKM. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(4), 239–243. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.320