Pelatihan Pembukuan Akuntansi dalam Rangka Peningkatan Pelaporan Keuangan UMKM
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.320Kata Kunci:
UMKM, Pencatatan akuntansi, teknologi digitalAbstrak
KKN ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM baik dalam segi pencatatan pembukuan keuangan akuntansi maupun dari segi pemanfaatan tekhnologi digital. KKN ini menggunakan metode perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode perencanaan dilakukan dengan mengetahui permasalahan pelaku UMKM sehingga dapat dicari solusinya. Survey ini dilakukan dengan melakukan wawancara kepada para pemilik UMKM. Metode pelaksanaan dimana dilaksanakannya program kegiatan yang telah di rencanakan sebelumnya program kegiatannya berupa pelatihan pembukuan keuangan akuntansi sederhana dan pemanfaatan teknologi.Pada metode evaluasi pelaksanaannya dengan melihat Pencatatan pembukuan keuangan serta melihat hasil penjualan, dampak adanya program KKN terhadap pelaku UMKM serta kendala selama program yang telah dijalankan. Hasil KKN ini menunjukkan bahwa upaya meningkatkan nilai ekonomi pelaku UMKM melalui digital marketing dan pencatatan pembukuan keuangan akuntansi ini sangat membantu para pihak Mitra UMKM dalam menentukan langkah strategi untuk mengembangkan bisnisnya.
Unduhan
Referensi
Bahri, Syaiful. (2016). Pengantar Akuntansi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CV. Andi Offset
Ikatan Akuntansi Indonesia. (2018). SAK (STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH). SAK EMKM. https://doi.org/10.1021/nl2023405
Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suci, Yuli, R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha Mikro dan Menengah) di Indonesia
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Usaha Mikro Kecil, dan Menengah. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008. Jakarta.
Prabowo, W. A. 2018. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Organizational Perfaormace. Jurnal Manajemen Pemasaran,12(2), 101-112.
https://doi.org/10.9744/pemasaran.12.2.101
Dedi Purwana, Rahmi, dan Shandy Aditya. 2017 Pemanfaatan Digital Marketing Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, Vol.1.No1.
Pradiani, T. 2017. Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Saepul Anwar, Alma Suci Rahmadani, Rantika Anggrayanti, Tia Listiawati, Tasya Arta Mevia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.