Workshop Pemanfaatan Internet Sebagai Media Belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Taqwallah

Penulis

  • Yayang Eluis Bali Mawartika STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Hengki Juliansa STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Rakhmad Kuswandhie STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau
  • Ahmadi STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.319

Kata Kunci:

Internet, Media Belajar

Abstrak

Internet merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru dan siswa dalam pembelajaran. Internet sangat berguna dalam pembelajaran baik di sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Para siswa dapat melengkapi ilmu pengetahuannya dengan bantuan internet. Dengan mengakses informasi dari berbagai media yang ada seperti surat kabar, buku, televisi bahkan internet, peserta didik dapat lebih dahulu tahu dibandingkan gurunya, tentu saja kondisi ini merupakan gejala positif sekaligus tantangan bagi para guru untuk memperbaiki proses pembelajarannya. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada santriwan-santriwati TPA Masjid Taqwallah yang dikhawatirkan memiliki keterbatasan untuk mengetahui bagaimana cara memanfaatkan teknologi internet sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah dengan cara sosialisasi interaktif yang dilakukan secara langsung kepada santriwan-santriwati TPA Masjid Taqwallah. Luaran dari kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan para santriwan-santriwati untuk memanfaatkan teknologi internet sebagai media pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. dan S. Suharmanto, “Pemanfaatan Internet Sebagai Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Sma Negeri 1 Sleman,” J. Pendidik. Kewarganegaraan dan Huk., no. 5, pp. 24–41, 2017.

Sulkifli, Kaharuddin, and Firdaus, “Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA YASPIB Bontolempangan,” J. Pendidik. Sosiol., vol. VII, no. 2, pp. 242–248, 2019.

A. A. Zabar and F. Novianto, “Keamanan Http Dan Https Berbasis Web Menggunakan Sistem Operasi Kali Linux,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 4, no. 2, pp. 69–74, 2015.

E. P. Setiawan and I. Ismurjanti, “Penggunaan Internet sebagai sumber informasi dalam penyusunan karya ilmiah Siswa SMA Negeri 8 Yogyakarta,” J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. 6, no. 2, pp. 169–182, 2018.

R. Setiyani, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. Ekon. Din. Pendidik., vol. V, pp. 117–133, 2010.

Diana, “Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Internet sebagai Media Pembelajaran,” J. Ilm. Matrik, no. 3, pp. 77–88, 2016.

R. S. Sasmita, “Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 2, no. 1, pp. 99–103, 2020.

Riska, Harihanto, and A. Nurmanina, “Studi Tentang Penggunaan Internet Oleh Pelajar (Studi Pada Penggunaan Internet Oleh Pelajar SMP N 1 Samarinda),” Sosiology, vol. 1, no. 4, pp. 37–48, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Mawartika, Y. E. B., Juliansa, H., Kuswandhie, R., & Ahmadi, A. (2022). Workshop Pemanfaatan Internet Sebagai Media Belajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an Masjid Taqwallah. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(4), 214–217. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i4.319