Profesi Akuntan dalam Meningkatkan Minat Siswa SMA Untuk Menjadi Akuntan Profesional
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1406Kata Kunci:
Profesi Akuntan, Pendidikan Akuntansi, Siswa SMAAbstrak
Perubahan peran akuntan dalam dunia akuntansi akan menjadi pengaruh besar terutama di dunia bisnis. Siswa SMA belum memahami berbagai karier di bidang akuntansi karena selama ini pemahaman mereka belajar akuntansi hanya untuk menjadi pegawai pembukuan, sehingga pemahaman karier di bidang akuntansi perlu disampaikan seperti karier sebagai akuntan publik, akuntan manajemen, dll. Latar belakang dilakukanya sosialisasi ini adalah rendahnya pengetahuan siswa/I SMA mengenai peluang dari profesi akuntan di masa kini dan di masa yang akan datang. Tujuan dilaksanakanya PKM ini adalah untuk memperkenalkan profesi akuntan dan juga menumbuhkan minat dari siswa/I SMA untuk berkarier di bidang akuntansi. Kegiatan ini dilakukan dengan melakukan diskusi interaktif, presentasi, dan juga studi kasus sederhana yang melibatkan siswa/I SMA Sinar Dharma Jakarta. Hasil kegiatan PKM ini ternyata memiliki dampak yang cukup signifikan dalam meningkatkan pemahaman dan juga minat siswa/I untuk menjadi seorang akuntan sekaligus meningkatkan minat para siswa untuk mengambil jalur akuntansi sebagai salah satu minat kuliah nantinya.
Unduhan
Referensi
Mafazah. (2022). Etika Profesi Akuntansi Problematika di Era Masa Kini. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(7). https://doi.org/https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i7.143.
Anjani, A.S., Hidayati, A.F., Susiawan, F. & Manurung. H. (2023). Peran Profesi Akuntan Publik Dalam Meningkatkan Kualitas Informasi Laporan Keuangan Di Era Digitalisasi. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi (JIMEA), 1(2), 94-98. https://doi.org/10.62017/jimea.v1i2.342
Wirianata. H., Geraldine. A., & Chandra. C.S. (2025). Pengenalan Profesi Akuntansi Bagi Siswa SMA Santo Kristoforus II. Jurnal Serina Abdimas, 3(2), 673-681. https://journal.untar.ac.id/index.php/JSA/article/view/35254.
Yulianti, M., Asniati, A., & Juita, V. (2021). Pengaruh keahlian akuntansi, literasi digital dan literasi manusia terhadap kesiapan kerja calon akuntan di era disrupsi teknologi digital. Ekonomis: Journal of Economics https://doi.org/10.33087/ekonomis.v5i2.389
Putri, S., Chyntia Ovami, D., & Irama, O. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Auditor Pada Kantor Akuntan Publik Di Medan. https://jasmien.cattleyadf.org/index.php/jas/article/view/35/102.
Mulyadi, & Mannan, S. (2002). Modul 1 Profesi Akuntan Publik.
Wahyuningtyas , E. T. ., & Susesti, D. A. . (2022). Peluang Dan Tantangan Profesi Akuntan Di Era Digital Bagi Siswa Ma Mambaul Ulum Corogo Jombang. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 597–604. https://doi.org/10.33086/snpm.v1i1.851
Meirina, E., & Dewi, M. K. (2023). Pelatihan pencatatan keuangan sederhana pada siswa SMA Negeri 2 VII Kota Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian KBP, 1(1), 11-18.
Setyowati, H., Solovida, G.T., Kusuparwati, Y. & Setiyono, T.A. (2024). Menggali Peluang Akuntan Masa Depan: Pengenalan Profesi Untuk Siswa SMK Di Semarang. Fokus Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 176-180. https://doi.org/10.34152/abdimas.3.2.176-180
Rahmawati, I., dan Sari, I. M. (2022). Sosialisasi Profesi Akuntansi dalam Memasuki Dunia Kerja pada Siswa Kelas XII SMKN 4 Kota Serang. Jurnal Abdikarya, 4(2): 176-182.
Sembiring, T.F, Kertih, I.W., & Pageh, I.M. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 8(2): 84-91. https://doi.org/10.23887/pips.v8i2.3675
Dewi, S., Lestari, L., & Pratama, G.C.C. (2024). Pembelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa Bagi Siswa Kelas 11. Jurnal Serina Abdimas, 2(3), 1421-1425. https://journal.untar.ac.id/index.php/JSA/article/view/32476
Satria, M. R., Fatmawati, A. P., Marismiati, & Firmansyah, I. (2021). Socialization about accounting fields and the accountant to accounting department students at SMKN 1 Subang. INTEGRITAS?: Jurnal https://doi.org/10.36841/Integritas.V5i2.982.
Abdullah, N.N., & Nasionalita, K. (2018). Pengaruh Sosialisasi Terhadap Pengetahuan Pelajar Mengenai Hoax (Studi Pada Program Diseminasi Informasi Melalui Media Jukrak Di Smkn 1 Pangandaran). Channel, Vol. 6, No. 1, April 2018, hal. 106-119.
Bintari, I.M.A., & Hakim, L. (2022). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Religiusitas, Pengetahuan Perbankan Syariah Terhadap Minat Karir Keuangan Syariah. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 10(1), 139 150. https://doi.org/10.17509/jrak.v10i1.35 731
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Widyasari, Felicia Tan, Verni Meicella

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







