Pelatihan Pembuatan Teks Autentik Bertema Lingkungan untuk Reading Comprehension di MTs. Al-Istiqlal Karawang
DOI:
https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i6.1391Kata Kunci:
teks autentik, reading comprehension, pelatihan guru, ekoliterasi, lingkunganAbstrak
Kemampuan memahami teks berbahasa Inggris (reading comprehension) merupakan salah satu keterampilan penting dalam pembelajaran bahasa di tingkat menengah pertama. Namun, keterbatasan bahan ajar yang relevan dan kontekstual sering menjadi kendala bagi guru dalam mengembangkan pembelajaran yang bermakna. Oleh karena itu, pelatihan pembuatan teks autentik bertema lingkungan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menghasilkan bahan bacaan yang sesuai dengan konteks lokal dan mendukung pengembangan ekoliterasi siswa. Kegiatan ini menggunakan metode pelatihan berbasis workshop yang melibatkan guru-guru Bahasa Inggris di MTs. Al-Istiqlal Karawang sebanyak 10 orang. Tahapan kegiatan meliputi analisis kebutuhan, penyusunan materi, pendampingan pembuatan teks autentik, dan evaluasi hasil karya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan penilaian produk peserta. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan guru dalam menyusun teks autentik yang sesuai dengan tema lingkungan. Sebagian besar peserta mampu menghasilkan teks yang komunikatif, kontekstual, dan mendukung keterampilan membaca pemahaman. Selain itu, peserta menunjukkan peningkatan pemahaman terhadap konsep ekoliterasi dalam pembelajaran bahasa Inggris. Pelatihan ini terbukti efektif dalam mengembangkan kompetensi guru dalam menciptakan bahan ajar berbasis teks autentik yang relevan dengan isu lingkungan. Implementasi hasil pelatihan diharapkan dapat meningkatkan minat dan kemampuan membaca siswa sekaligus menumbuhkan kesadaran ekologis melalui pembelajaran bahasa Inggris.
Unduhan
Referensi
Ali, S. U. (2024). Eco-literacy content in language learning and its impact on students' pro-environmental habits. E-Journal of Education, 6(1), 33–49.
Pratiwi, P. I. (2024). Implementations of eco-literacy in English language learning. Onoma: Journal of Language and Education, 9(2), 88–104.
Rizal, R. P. (2025). Implementation of green eco-literacy in English language learning: A systematic review. Journal of Online Education, 7(1), 12–36.
Kazazoglu, S. (2025). Environmental education through eco-literacy: integrating sustainability into language classrooms. Sustainability, 17(5), Article 2156.
Fuchs, E. (2019). "Tren Utama dalam Penelitian Buku Teks Sejarah dan Studi Sosial." Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(3), 60-78.
Oates, T. (2023). "Peran Buku Teks dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah." Rayyan Jurnal, 3(2), 45-58.
Gilmore, A. (2019). Materials and authenticity in language teaching. In S. Walsh & S. Mann (Eds.), Routledge Handbook of English Language Teacher Education (pp. 299–318). Routledge.
Molina, P. X. R. (2023). Authentic materials and task design: implications for language teaching. Language Teaching Journal, 12(2), 45–61.
Ampa, A. T. (2020). The use of authentic materials in teaching English. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 5(1), 12–25.
Saiful, J. A. (2023). Eco-ELT: Trends and developments in integrating environmental texts in ELT practice. Journal of English for Futures & Learning, 3(1), 78–9.
Izhar, G. (2022). The development of environmental literacy learning media. Journal of International Education and Curriculum Research, 4(1), 23–38.
Hariri, A. (2023). The use of authentic material in English classroom teaching. Indonesian Journal of English Teaching, 8(3), 101–115.
Mandarsari, P. (2023). Online authentic materials in teaching English: a case study. Indonesian Journal of Remote and E-Teaching, 2(2), 55–70.
Lee, D. B. (2024). The treatment of environmental literacy in ELT textbooks: A content analysis. Journal of ELT Studies, 11(4), 200–219.
(Team) The environment-based supplementary reading materials for junior high school students. (2020). Developmental Studies in EFL Education, 2(1), 1–28. (study on environment-based supplementary materials and comics for EFL).
(Collective) Integrating environmental themes into English language teaching: current practices and future strategies. (2024). Journal of Ongoing Education, 5(3), 140–162.
(Report) Teachers’ perspectives on addressing environmental issues in English language learning. (2024). Loquen: Journal of Language and Education.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Bambang Nur Alamsyah Lubis, Rizdika Mardiana, Siti Drivoka Sulistyaningrum, Eva Leiliyanti, Nurrahma Restia Fatkhiyati, Ahmad Jauhari Hamid Ripki, Suci Dhea, Nurul Syafika

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.







