Pengembangan Kapasitas Pengurus Desa Inklusi melalui Pelatihan Peer Counseling dan Keterampilan berbasis Sustainable Development Goals

Penulis

  • Sri Adi Nurhayati Universitas Pancasakti Tegal
  • Anin Eka Sulistyawati Universitas Pancasakti Tegal
  • Laelia Nurpratiwiningsih Universitas Muhadi Setiabudi
  • Ike Desi Florina Universitas Pancasakti Tegal
  • Sesya Dias Mumpuni Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1302

Kata Kunci:

pemberdayaan, disabilitas, organisasi non-pemerintah, ramah disabilitas

Abstrak

Program Pengabdian Kemitraan Masyarakat (PKM) tahun 2025 ini merupakan tindak lanjut dari penelitian sebelumnya tentang penguatan modal sosial melalui konseling sebaya disabilitas menuju desa inklusi berkelanjutan. Mitra kegiatan adalah Difabel Slawi Mandiri, sebuah organisasi masyarakat yang berdiri sejak 2010 dan berbadan hukum sejak 2015. Selama ini, organisasi telah aktif dalam advokasi disabilitas dan mendorong terbentuknya desa inklusi di Kabupaten Tegal. Namun, masih terdapat kendala dalam pengembangan kapasitas internal, terutama keterampilan konseling sebaya dan pengelolaan organisasi, termasuk bagi anggota baru yang belum pernah mendapat pelatihan secara luring maupun daring. PKM 2025 ini berfokus pada dua permasalahan utama: (1) keterbatasan penguasaan keterampilan konseling sebaya di kalangan anggota, dan (2) kebutuhan penguatan kapasitas organisasi agar berkelanjutan. Kegiatan yang dilakukan meliputi sosialisasi keterampilan dasar konseling, peningkatan literasi digital untuk konseling daring, pelatihan dinamika kelompok, penguatan kesadaran gender, hingga praktik konseling sebaya secara langsung. Peserta berjumlah 20 orang, terdiri atas penyandang disabilitas, difabel perempuan, orang yang pernah mengalami kusta, serta perwakilan desa inklusi. Kegiatan ini selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yakni tujuan 10 (Berkurangnya Kesenjangan), tujuan 5 (Kesetaraan Gender), dan tujuan 3 (Kehidupan Sehat dan Sejahtera). Hasil yang diharapkan adalah meningkatnya kompetensi anggota dalam konseling sebaya, terbangunnya kapasitas organisasi yang lebih kuat, serta terciptanya pondasi bagi pemberdayaan masyarakat inklusi yang berkesinambungan. Peningkatan level keberdayaan mitra pada aspek sosial kemasyarakatan sebesar 44,0% dan aspek manajemen sebesar 46,2%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mumpuni SD, Florina ID, Nurhayati SA, Nurpratiwiningsih L, Putro HE. Peran Modal Sosial Disabilitas sebagai Dasar Peer Counseling pada Masyarakat Difabel Desa Inklusi Kabupaten Tegal. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2023;8(01):484–96.

Nurhayati SA, Mumpuni SD. Achievement Motivation Counseling Untuk Meningkatkan Kinerja Difabel Dalam Usaha Tata Rias Salon Di Kabupaten Tegal. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 2019;1(2).

Jordan LM. Peer Counseling: Method, Metaphor, or Mindset? Frontiers in Rehabilitation Sciences. 2022;3.

Salsabila S, Wiryantara J, Salsabila N, Alhad MA. The Role of Peer Counseling on Mental Health. Bisma The Journal of Counseling. 2020;4(3).

Genovesi E, Yao YI, Mitchell E, Arad M, Diamant V, Panju A, et al. Mapping awareness-raising and capacity-building materials on developmental disabilities for non-specialists: a review of the academic and grey literature. Vol. 18, International Journal of Mental Health Systems. 2024.

Mumpuni SD, Florina ID, Nurhayati SA, Nurpratiwiningsih L, Putro HE, Susilowati N, et al. Konseling Sebaya: Kesehatan Mental Dan Well-Being Anggota Forum Desa Inklusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop. 2024;4(1).

Mumpuni SD, Florina ID, Nurhayati SA, Nurpratiwiningsih L, Putro HE, Susilowati N, et al. Konseling Sebaya: Kesehatan Mental Dan Well-Being Anggota Forum Desa Inklusi. Jurnal Bimbingan dan Konseling Pandohop. 2024;4(1):14–26.

Almuaqel IA. Special Needs, Special Efforts: Learners with Intellectual Disabilities and Sustainable Development Goals (SDGs). IEEE Trans Eng Manag. 2024;71.

Odera JA, Mulusa J. SDGs, Gender Equality and Women’s Empowerment: What Prospects for Delivery? In 2020.

De Neve JE, Sachs JD. The SDGs and human well-being: a global analysis of synergies, trade-offs, and regional differences. Sci Rep. 2020;10(1).

Ara G, Khanam M, Papri N, Nahar B, Kabir I, Sanin KI, et al. Peer Counseling Promotes Appropriate Infant Feeding Practices and Improves Infant Growth and Development in an Urban Slum in Bangladesh: A Community-Based Cluster Randomized Controlled Trial. Curr Dev Nutr. 2019;3(7).

Varriale L, Briganti P, Volpe T, Minucci G. Digital technologies for promoting the inclusion of workers with disabilities: A brief investigation. ITM Web of Conferences. 2023;51.

Dhar S. Gender and Sustainable Development Goals (SDGs). Indian J Gend Stud. 2018;25(1).

Kiran PR, Chaubey A, Shastri RK, Bedarkar M. The well-being of indigenous peoples in India and its alignment with the sustainable development goals (SDGs). Management of Environmental Quality. 2024;35(5).

Balcazar FE, Keys CB, Suarez-Balcazar Y. Empowering latinos with disabilities to address issues of independent living and disability rights: A capacity-building approach. In: People with Disabilities: Empowerment and Community Action. 2021.

Rashid M, Hodgetts S, Nicholas D. Building Employers’ Capacity to Support Vocational Opportunities for Adults with Developmental Disabilities. Rev J Autism Dev Disord. 2017;4(2).

Mumpuni SD, Florina ID, Nurhayati SA, Nurpratiwiningsih L, Putro HE. Peran Modal Sosial Disabilitas sebagai Dasar Peer Counseling pada Masyarakat Difabel Desa Inklusi Kabupaten Tegal. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling. 2023;8(01).

Mumpuni SD, Florina ID, Nurhayat SA, Nurpratiwiningsih L, Putro HE. The Role of Self-Support for Disability Persons as Essence for Peer Counseling. Proceedings Series of Educational Studies. 2023;164–73.

Fu W, Xiao Y, Yin C, Zhou T. The relationship of inclusive climate and peers’ attitude on children with disabilities in China: A mediating role of empathy. Front Psychol. 2022;13.

Manzoor R, Channaveer RM. Impact of capacity building intervention on knowledge about disability among village rehabilitation workers in Kalaburagi, Karnataka India. J Hum Behav Soc Environ. 2023;33(8).

Ekawati YN, Nurwanti DI, Eka Sulistyawti A. Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Tegal Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak-Anak. Cakrawala: Jurnal Pendidikan. 2015;9(1).

Nurhayati SA, Mumpuni SD. MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN NON-FORMAL MELALUI PEMBERIAN KETERAMPILAN KERJA PADA ANAK DIFABEL. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 2018;2(2).

Yuvita Y, Husain A, Sulistyawati AE, Meiristiani N, Fatimah E, Sunmud S. Assessing the digital literacy competence of pre-service English teacher in Indonesia and Thailand. Journal of Education and Learning. 2023;17(4).

Nurpratiwiningsih L, Yuliyanti N, Yuli Kurniawan P. Sosialisasi Pendampingan Orang Tua terhadap Proses Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid 19. JAMU?: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS. 2021;1(02).

Nurhayati SA, Mumpuni SD. Case Study of Kelurahan Employee Performance in East Tegal District. Cakrawala: Jurnal Pendidikan. 2018;12(2).

Wibowo YA, Ronggowulan L, Fatonah A, Fajariyah RAA. Membangun Masyarakat Tangguh Bencana Melalui Sosialisasi dan Edukasi Modal Sosial Di Kabupaten Klaten. Abdi Geomedisains. 2021;

Prihatiningsih R, Rachmawati I, Rahman DH. What is an Effective Self Help Guide? Literature Review and Meta Analysis. Bisma The Journal of Counseling. 2021;5(3).

Turner A. Generation Z: Technology and Social Interest. The Journal of Individual Psychology. 2015;71(2).

Zaenal Mustofa, Iklil Mustofa M. SISTEM INFORMASI DESA BERBASIS WEB (STUDI KASUS DESA WEDING). JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI. 2018;9(2).

Dewantoro A, Rachmawati I. Analysis of Evaluation and Exploratory Studies on Student’s Resilience of Online Learning during Pandemic of Covid-19. KONSELI?: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal). 2020;7(2).

Cramer EP, Brady SR, McLeod DA. Building Capacity to Address the Abuse of Persons with Disabilities. J Community Pract. 2013;21(1–2).

R. Ruslan, R. Rusli, A. A. Z. . Surur, S. Sarifin, dan Y. Yusnadi, “Screening Range Of Motion Sebagai Langkah Peningkatan Mobilitas pada Anak Disabilitas di SLB Negeri 1 Makassar”, Jurnal Pustaka Mitra, vol. 5, no. 4, hlm. 171–174, Jul 2025.

T. Hartati, H. Purwanto, E. Harlest Budi Raharjo, dan A. Munawar, “Workshop Pengenalan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kreatifitas Desain Grafis Bagi PKBM Yayasan Pembangunan Masyarakat Sejahtera”, Jurnal Pustaka Mitra, vol. 4, no. 3, hlm. 81–87, Mei 2024.

S. Suadi, “Literasi Bermedia Sosial Terhadap Pemuda Pemudi Sebagai Digital Native”, Jurnal Pustaka Mitra, vol. 2, no. 1, hlm. 45–49, Mar 2022.

D. W. Damanik dan J. . Saragih, “Konseling Tentang Covid-19 Dan Pelaksanaan Protokol Kesehatan Dengan 5M”, Jurnal Pustaka Mitra, vol. 1, no. 1, hlm. 15–18, Sep 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-09-30

Cara Mengutip

Nurhayati, S. A., Sulistyawati, A. E., Nurpratiwiningsih, L., Florina, I. D., & Mumpuni, S. D. (2025). Pengembangan Kapasitas Pengurus Desa Inklusi melalui Pelatihan Peer Counseling dan Keterampilan berbasis Sustainable Development Goals. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 5(5), 353–359. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v5i5.1302