Desain Sistem Manajemen Antrian Pada Pelayanan Teller Bank

Penulis

  • Y Rahmat Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda
  • Mar'aini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Persada Bunda

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamanajemen.v2i2.342

Kata Kunci:

Teori Antrian, Desain Sistem Manajemen, Pelayanan Bank

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung dan melakukan desain sistem manajemen antrian teller yang akan bekerja di saat jam sibuk pada sebuah bank. Analisis dilakukan dengan menggunakan perhitungan M/M/S dan metode teori antrian. Perhitungan dilakukan untuk menentukan waktu tunggu rata-rata, waktu pelayanan rata-rata, dan organisasi antrian. Hasil penelitian menunjukkan setiap orang menerima layanan rata-rata dalam 5 menit, sedangkan setiap orang menunggu rata-rata 13 menit. Setiap nasabah mendapat dua menit layanan biasa. Rekayasa sistem melibatkan pengaturan dua antrian, yang pertama untuk antrian nasabah yang membawa kurang dari dua aplikasi transaksi dengan satu teller, dan yang kedua untuk antrian yang membawa lebih dari tiga transaksi aplikasi dengan tiga teller. Layanan bank dapat dioptimalkan melalui analisis antrian berdasarkan perilaku nasabah tanpa menambah server layanan tambahan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-31