Penerapan Metode Profil Matching dalam SPK untuk Menilai Kepuasan Pelayanan Publik

Penulis

  • Dhella Amelia Universitas Lampung
  • Dimas Dwi Randa Universitas Putra Indonesia YPTK Padang

DOI:

https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v4i2.1124

Kata Kunci:

Sistem Pendukung Keputusan, Profil Matching, Pelayanan Administrasi, Kepuasan Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini adalah untuk merancang dan mengembangkan sebuah Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat digunakan untuk menilai tingkat kepuasan masyarakat terhadap petugas pelayanan di Kantor Camat Padang Barat. SPK ini memanfaatkan metode Profil Matching yang membandingkan kompetensi petugas dengan kriteria yang diharapkan sesuai dengan jabatan mereka, untuk mengidentifikasi adanya kesenjangan kompetensi yang dapat memengaruhi kualitas pelayanan. Sistem yang dikembangkan menggunakan platform PHP dan MySQL, dan diuji untuk mengevaluasi efektivitasnya dalam meningkatkan kepuasan masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil survei yang mengukur kepuasan masyarakat terhadap layanan administrasi yang diberikan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa SPK berbasis Profil Matching mampu mengidentifikasi tingkat kepuasan masyarakat secara lebih objektif dan efektif, serta memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas pelayanan administrasi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar SPK berbasis Profil Matching diterapkan lebih luas, tidak hanya di Kantor Camat Padang Barat, untuk meningkatkan kepuasan masyarakat secara keseluruhan, dengan menyarankan perbaikan berbasis data yang lebih terukur terkait kompetensi petugas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Amelia, D., & Randa, D. D. . (2024). Penerapan Metode Profil Matching dalam SPK untuk Menilai Kepuasan Pelayanan Publik. Jurnal Pustaka Data (Pusat Akses Kajian Database, Analisa Teknologi, Dan Arsitektur Komputer), 4(2), 75–81. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakadata.v4i2.1124